Makanan dan Minuman yang Baik untuk Buka Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bulan ramadhan adalah bulan suci di mana setiap umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Makna puasa secara mendalam adalah menahan dari segala yang membatalkan baik dari sisi jasmani maupun rohani. Setelah berpuasa sehari penuh, tibalah saat berbuka puasa pada senja hari.

Tidak sedikit dari kita setelah seharian berpuasa menahan lapar, maka ketika tiba waktu berbuka puasa balas dendam dengan memakan semua apa yang ada di meja. Langsung mengonsumsi makanan berat seperti roti, gorengan, bahkan daging tidak dianjurkan saat memulai untuk berbuka puasa. Pasalnya makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah. Selain itu, jika Anda tidak menjaga makanan serta minuman yang dikonsumsi saat buka puasa bisa saja Anda terkena penyakit maag, sakit kepala, dan bisa jadi kekurangan vitamin.

Terkait dengan makanan, ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang jenis makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Dengan mengkonsumsi jenis-jenis makanan yang tepat, maka hal itu akan baik untuk kesehatan jasmani tubuh. Agar tubuh tetap sehat selama berpuasa, maka berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang layak dikonsumsi menjadi teman berbuka puasa Anda dan keluarga :

  • Konsumsi Kurma. Jika bulan puasa tiba, kurma termasuk jenis makanan yang tidak akan hialng dari hidangan pembuka. Kurma mengandung zat yang kaya akan glukosa, fruktosa, dan sukrosa dengan kadar kalori rendah, hal ini sangat efektif untuk mengembalikan energi pada sel-sel otak, sel syaraf, sel tulang belakang, sel darah merah, dan seluruh tubuh. Selain itu, kandungan garam pada Kurma juga amat bermanfaat untuk menyeimbangkan tingkat keasaman dalam darah. Kandungan vitamin pada kurma terdapat Vitamin A, B12, B2 dan juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, natrium, fosfor dan lainnya.
  • Minumlah Madu. Madu juga baik untuk berbuka puasa. Memang banyak sekali manfaat madu, beberapa diantaranya adalah mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menyembuhkan hampir semua penyakit. Kandungan karbohidrat (glukosa dan fruktosa) yang langsung cepat diserap tubuh akan berfungsi untuk mengembalikan energi dan stamina untuk tubuh kita. Manfaat besar mengkonsumsi madu saat berbuka puasa juga akan memberikan vitamin dan mineral untuk tubuh, hal itu karena madu mengandung kalium, kalsium, natrium, magnesium, zat besi, phosphor, sulfur, dan mangan. Madu juga dapat melancarkan metabolisme dan mengatasi gangguan pencernaan.
  • Jangan Lupakan Buah-buahan. Buah-buahan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Buah dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi dehidrasi setelah berpuasa satu hari penuh. Buah-buahan sangat mudah dicerna usus, maka dari itu anjuran ini sangat efektif untuk kita lakukan. Sedangkan pilihan buah yang bisa Anda konsumsi adalah buah yang banyak mengandung serat, mudah dicerna, dan mengandung kadar gula (buah manis) seperti pisang, apel, pepaya, melon, anggur, dan lain sebagainya.
  • Makanlah Sayur-Sayuran. Saat lambung kita istirahat seharian, maka ketika hendak berbuka tubuh membutuhkan jenis makanan yang mudah dicerna, hal itu karena ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang. Apabila yang kita konsumsi terdapat makanan yang berat saat berbuka puasa, lambung akan shock dan bekerja lebih berat, tentunya ini tidak baik untuk kesehatan. Jenis makanan yang mudah dicerna oleh lambung adalah sayur-sayuran. Di dalam sayuran hijau (rekomondasi) banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti serat, mineral, protein, vitamin C, K, dan asam folat. Kandungan zat besi pada sayuran juga sagnat baik untuk meningkatkan tekanan darah bagi penderita anemia, ini juga dapat melancarkan proses pencernaan dan pengeluaran racun dalam tubuh.
  • Ikan. Ketika Anda selesai shalat maghrib, maka tiba saatnya untuk makan nasi. Pendamping nasi yang tepat selain buah, sayur, dan air putih adalah Ikan. Bagaimana pun banyaknya Anda mengonsumsi Ikan, maka efek samping yang timbul sangat sedikit, hal itu karena ikan mengandung protein, berbeda dengan daging yang bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti kolesterol jika dikonsumsi terlalu banyak. Ikan banyak sekali manfaatnya untuk tubuh, hal itu karena daging ikan mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, vitamin D dan B2 serta sejumlah mineral. Kandungan pada omega-3 (EPA dan DHA) pada ikan membuat pertumbuhan sel saraf otak dengan baik, melancarkan peredaran darah, menjaga keseahtan jantung, mencegah peradangan, menjaga organ penglihatan, dan baik untuk tulang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY