Makanan dan Minuman yang Dapat Menghilangkan Racun Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan merupakan sumber energi makhluk hidup yang harus dipenuhi dalam sehari-hari. Makanan ternyata tidak hanya berfungsi untuk menyokong nutrisi tubuh, akan tetapi dapat juga digunakan untuk membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh. Proses pembuangan racun atau zat-zat berbahaya di dalam tubuh dinamakan dengan detoksifikasi.

Seorang dokter bernama Hagni Wardoyo yang juga selaku staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram mengatakan, detoksifikasi adalah suatu proses untuk menghilangkan substansi racun. Detoksifikasi sebetulnya merupakan proses alamiah tubuh untuk menetralkan atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Ini dilakukan dengan cara mengubah racun amonia dari hasil pemecahan protein, pestisida dan zat kimia lainnya, zat tambahan makanan, obat, polusi, asap rokok dan logam berat secara proses kimiawi sehingga menjadi senyawa yang kurang berbahaya. Proses pengeluaran racun tersebut akhirnya dikeluarkan melalui feses (kotoran) atau urin.

Detoksifikasi dalam tubuh ditangani oleh organ hati dan ginjal. Proses detoksifikasi dapat dilakukan dengan bantuan alat atau produk atau bisa dilakukan dengan cara melakukan diet khusus, menggunakan herbal atau cara lain. Namun, diet menggunakan makanan tertentu ternyata dapat membantu mengeluarkan racun-racun yang bersarang di dalam tubuh kita.

Berikut ini adalah jenis makanan atau minuman yang dapat dijadikan untuk menghilangkan racun di dalam tubuh.

  1. Air kelapa muda

Air kelapa muda berkhasiat sebagai obat berbagai jenis penyakit. Terutama untuk menetralkan racun dalam tubuh. Bahan yang disediakan 1 butir kelapa hijau. Cara membuatnya yakni kelapa hijau dilubangi ujungnya dengan menggunakan sedotan, airnya diminum sampai habis. Air kelapa secara umum kaya gizi dan kaya akan mineral. Tidak hanya unsur makro (umum), tetapi juga unsur mikro. Unsur makro yang terdapat pada air kelapa adalah karbon dan nitrogen.

Unsur karbon dalam air kelapa berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain. Unsur nitrogen berupa protein, tersusun dari asam amino, seperti alin, arginin, alanin, sistin dan serin. Sebagai gambaran, kadar asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi.

  1. Rumput Laut

Rumput laut merupakan tumbuhan laut yang berpotensi sebagai sumber pangan dan obat-obatan. Tumbuhan ini mengandung polisakarida yang banyak digunakan sebagai bahan pangan. Rumput laut juga kaya akan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan diantaranya yaitu pigmen yang dihasilkan oleh rumput laut merah (Rhodophyceae), rumput laut hijau (Chlorophyceae) dan rumput laut coklat (Phaeophyceae).

Masyarakat Jepang secara teratur mengonsumsi rumput laut dan terbukti hidup lebih sehat dan lebih lama. Hal ini, seperti dilansir dari Mind and Body Green, karena kandungan zat di dalam rumput laut mampu merangsang sistem endokrin dan saraf untuk mencegah penyerapan polusi lingkungan yang beracun. Secara khusus, rumput laut yang berada di bawah payung ganggang coklat (kombu, arame dan wakame) sangat kaya akan zat yang disebut asam alginat, yang dikenal sebagai pembersih yang kuat.

  1. Buah lemon

Lemon kaya akan vitamin C, yang membantuh tubuh memproduksi glutation. Glutation adalah antioksidan yang membantu membuang racun yang ada di hati. Minum air lemon setiap hari, membantu mendetoksifikasi hati Anda. Selain sistem kekebalan yang baik, pencernaan pun turut merasakan manfaatnya.

  1. Buah goji berry

Goji berry yang disebut juga sebagai goji berry Himalaya, secara luas diakui memiliki sifat penyembuhan. Buah dengan ukuran kecil yang mengandung vitamin C, dan mampu membantu mendetoksifikasi tubuh. Goji berry juga tinggi beta karoten, yang dapat menjaga hati senantiasa sehat, dan meningkatkan kesehatan mata serta kesehatan kulit. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here