Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa dipercayai sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di saat puasa, organ tubuh bisa beristirahat sejenak. Puasa adalah menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar sampai matahari tenggelam, karena itu ketika tiba waktu berbuka kita akan sangat senang ketika menjumpai makanan. Namun kita juga perlu menjaga kesehatan selama puasa dengan memilih menu makanan yang tepat saat sahur maupun berbuka. Karena itu ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat sahur dan berbuka.

Pilihan menu yang tepat saat puasa sangat penting untuk mempertahankan tubuh agar tetap bugar, sebab beberapa makanan tertentu bisa menyebabkan gangguan perut sehingga lambung terasa tidak nyaman. Bila gangguan perut terjadi, maka akan mengganggu ibadah puasa yang dijalani.

Berikut ini adalah makanan dan minuman yang harus dihindari saat buka puasa:

  1. Takjil manis berlebihan. Mengawali berbuka puasa dengan takjil manis memang dianjurkan, namun jangan berlebihan. Setelah menyantap kolak tidak perlu dilanjutkan dengan minum es teh manis dan es campur. Pilih saja air putih untuk menemani makan dan buah segar untuk mencuci mulut.
  2. Makanan Bersantan. Ini merupakan salah satu yang terberat , karena makanan bersantan seperti halnya kolak sangat mudah dijumpai di bulan Ramadhan. Dengan mengonsumsi makanan bersantan tentu saja akan menyebabkan kadar kolesterol meningkat, tekanan darah naik dan kadar gula darah melambung. Makanan bersantan juga merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memicu penyakit pembuluh darah seperti stroke, jantung, serta kenaikan kadar asam urat, dan lain sebagainya. Untuk tetap menjaga kesehatan selama berpuasa bukan berarti Anda dilarang mengonsumsi makanan bersantan, akan tetapi konsumsi dengan bijak dan tepat.
  3. Makanan Berlemak. Seperti kita tahu bahwa makanan yang digoreng dalam rendaman minyak merupakan salah satu jenis makanan yang berlemak. Untuk itu sebaiknya hindari saat sahur atau pun berbuka. Kandungan lemak memang akan membuat gurih pada masakan, akan tetapi makanan yang mengandung banyak lemak sangat tidak dianjurkan, tentu saja akan menyebabkan kegemukan, berbagai gangguan pencernaan serta nyeri di ulu hati. Dengan mengonsumsi makanan berlemak juga akan membuat perut cepat kenyang, sehingga makanan lain yang lebih bernutrisi tidak selera untuk dikonsumsi.
  4. Makanan Berat. Seperti yang di anjurkan Nabi bahwa berbuka dengan yang manis tentulah sangat tepat. Karena dengan berbukalah hanya dengan makanan ringan dulu, agar lambung tidak kaget. Sebaiknya apabila Anda berbuka langsung dengan makanan berat, maka bisa jadi pencernaan Anda akan kaget sehingga lambung harus langsung bekerja mencerna makanan setelah sebelumnya beristirahat bekerja selama sepanjang hari. Selain itu biasakan juga mengunyah makanan dengan baik karena dengan ini akan dapat meringankan kerja pencernaan.
  5. Minuman Bersoda. Mungkin Anda merupakan salah satu penggemar minuman bersoda, akan tetapi pada bulan yang mulia ini sebaiknya Anda harus menghindarinya. Mengapa demikian? Karena soda dapat menyebabkan gangguan pada perut dan dapat berakibat pada terganggunya sistem pencernaan tubuh. Kandungan air soda sangat mudah menyerap air. Sehingga walaupun kita mengonsumsi banyak minuman bersoda, tubuh kita tetap  tidak akan merasa kenyang dan juga tidak akan meredakan rasa haus, malah sebaliknya di mana Anda akan jadi lebih mudah merasakan haus.
  6. Minuman Dingin. Tentu saja setelah seharian berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan akan merasa kehausan. Dengan kondisi ini kebanyakan orang akan sangat menginginkan minuman dingin yang menyegarkan. Tapi ternyata dengan kebiasaan mengonsumsi minuman dingin saat berbuka puasa merupakan salah satu kebiasaan yang tidak sehat karena dapat menyebabkan kontraksi pada lambung.
  7. Kopi. Kafein pada kopi sangat tidak baik untuk lambung kita apalagi saat berpuasa lambung kita tidak terisi lebih dari 14 jam. Secara otomatis asam lambung akan meningkat. Kopi sendiri merangsang pengeluaran asam lambung. Produksi asam lambung berlebih akan membuat kita merasa mual.
  8. Gorengan yang gurih renyah sering menjadi menu takjil. Sebut saja mendoan, tahu isi, dan risol. Padahal, gorengan tinggi lemak dan dapat mengganggu proses pencernaan. Batasi konsumsi gorengan selama bulan puasa agar tubuh tetap bugar.
  9. Makanan Pedas dan Mengandung Banyak Merica. Hati-hati mengkonsumsi makanan pedas karena makanan pedas dapat merusak dinding lambung. Karena dinding lambung juga sensitif terhadap pedas.
  10. Makanan yang Mengandung Coklat dan Keju Berlebih. Sebaiknya hindari makanan ini atau jangan dikonsumsi berlebihan. Sebabnya, makanan ini sulit dicerna yang menyebabkan lambat untuk memproses pencernaannya. Sehingga perut bisa menjadi kembung.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY