Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Bau Mulut

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Aroma bau mulut kerap tercium dari mulut orang yang berpuasa. Namun, bau mulut juga bisa datang dari orang yang tidak berpuasa. Salah satu penyebabnya adalah makanan atau minuman yang melewati mulut sebelum menuju perut.

Makanan atau minuman apa saja yang bisa menyebabkan bau mulut? Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Kari

Beberapa peneliti meyakini, kari bisa mengurangi bau mulut karena terdapat minyak esensial yang sama dengan obat kumur. Namun, studi di tahun 2004 di Journal of Clinical Periodontology menyebutkan, minyak ini tidak terlalu efektif dalam mengurangi bau mulut. Alhasil, bumbu-bumbu berbau tajam di kari masih akan tertinggal di mulut.

  • Keju

Kehadiran asam amino pada keju dan produk olahan susu lainnya bereaksi dengan bakteri di mulut. Mereka menghasilkan senyawa belerang yang mudah menguap sehingga membuat mulut bau.

  • Telur

Telur juga bisa memicu munculnya bau mulut karena telur mengandung banyak protein. Ketika bereaksi dengan cairan asam yang ada pada saluran pencernaan, protein akan melepaskan bau kurang sedap yang bisa terbawa kembali oleh udara pernafasan dan keluar melalui rongga mulut.

  • Daging merah

Daging merah merupakan salah satu makanan yang menimbulkan aroma yang kurang sedap pada mulut. Tak hanya mulut, aroma badan Anda juga bisa terpengaruh. Ini disebabkan karena daging adalah makanan yang agak sulit dicerna oleh tubuh dan kemungkinan besar mengeluarkan gas yang kurang sedap pada tubuh. Apabila keluar keringat juga biasanya aroma yang dikeluarkan cukup berbau.

  • Bawang

Bawang putih, bawang bombai, bawang merah memiliki aroma yang kuat dan jika dikonsumsi bisa menyebabkan bau mulut bahkan bau badan menjadi kurang sedap. Bau yang dihasilkan pun kadang bisa bertahan beberapa jam.

  • Junk food

Junk food merupakan salah satu makanan yang menyebabkan bau mulut dan juga bau pada badan. Ini disebabkan junk food mengandung lemak yang memaksa pencernaan bekerja untuk mengolahnya. Namun, banyak orang yang kurang menyadari penyebab bau mulut yang satu ini.

  • Gula

Berbagai minuman yang mengandung gula selain membuat gigi berlubang juga dapat menyebabkan bau mulut. Gula adalah makanan bakteri dan mikroba di dalam mulut. Jadi, konsumsi gula akan membuat bakteri dalam mulut akan tumbuh dan menyebabkan bau mulut.

  • Kopi

Kehadiran air liur di mulut untuk ‘membilas’ bakteri yang ada. Namun, mengonsumsi kopi memperlambat produksi air liur sehingga bakteri bertambah dan menyebabkan aroma mulut tidak sedap.

  • Alkohol

Konsumsi alkohol menyebabkan dehidrasi sehingga produksi air liur di mulut lebih sedikit. Ketika air liur sedikit, jumlah bakteri di mulut jadi lebih banyak. Inilah yang memicu aroma yang keluar dari mulut tidak sedap. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here