Makanan Kaya Akan Vitamin A

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Vitamin A adalah salah satu vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satu tugasnya adalah berperan aktif dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik. Vitamin yang larut dalam lemak ini, selain baik untuk kesehatan mata juga memiliki manfaat lain bagi anggota tubuh, seperti: vitamin A akan membantu sistem imun tubuh untuk melindungi tubuh dari infeksi organisme asing seperti virus dan bakteri patogen. Manfaat lainnya adalah Beta Karoten yang merupakan salah satu bentuk dari vitamin A merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang erat kaitannya dengan pencegahan proses penuaan dini.

Vitamin A dapat dicerna oleh tubuh dalam dua bentuk aktif yaitu Retinil Palmitat dan Beta Karoten. Retinil Palmitat adalah bentuk vitamin A yang tidak mengalami pengolahan di dalam tubuh, sehingga manfaatnya dapat secara langsung dirasakan, sumber makanan dengan vitamin A Retinil Palmitat ini berasal dari makanan hewani. Kemudian untuk Beta Karoten ini adalah senyawa yang diolah oleh tubuh untuk menghasilkan Retinil Palmitat, sumber vitamin A Beta Karoten ini berasal dari makanan nabati, berikut akan Penulis jelaskan beberapa makanan hewani dan nabati yang mengandung banyak vitamin A.

Makanan hewani (Retinil Palmitat) yang mengandung vitamin A, antara lain:

  • Hati sapi. kandungan vitamin A, dalam 100gram hati sapi ditemukan vitamin A retinol hingga 31,718 IU sekitar 634% DV. Manfaat vitamin A pada hati sapi dapat menunjang kesehatan mata secara menyeluruh.
  • Hati ayam. Tidak berbeda dari hati sapi hati ayam pun mempunyai kandungan vitamin A yang banyak yaitu dalm satu buah hati ayam ditemukan sebanyak 13,328 IU/100gram, 267% dari total kebutuhan tubuh. Kandungan vitamin A pada hati ayam juga berperan besar untuk mencegah katarak.
  • Ikan salmon. Kandungan vitamin A dalam ikan salmon bisa mencapai 2500 IU/100gram, 40% dari total kebutuhan tubuh.seringnya mengkonsumsi ikan salmon dapat mencegah penyait macula ini adalah penyakit yang menyerang mata dan bisa berakibatkan kebutaan.
  • Ikan tuna. Ikan ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi yaitu setiap 3 ons ikan tuna segar mengandung 1150 IU atau sektar 42% dari total kebutuhan tubuh seseorang. Ikan tuna menjadi sumber Retinil Palmitat yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh terutama pada kesehatan mata.
  • Ikan makarel. Ikan yang banyak ditemui dalam olahan sarden ini mengandung Vitamin A mencapai 187 IU atau sekitar 4% DV dari kebutuhan konsumsi harian. Manfaat penting vitamin A pada ikan makarel adalah untuk membenatu kesehatan retina dan mencegah kebutaan.

Berikut pembahasan mengenai makanan hewani (Retinil Palmitat) yang mengandung banyak vitamin A, selanjutnya yang akan dibahas adalah makanan nabati (Beta Karoten) yang mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi, makanan nabati tersebut antara lain:

  • Ubi jalar. Ditemukan sekitar 19218 IU vitamin A atau sekitar 760% DV dari kebutuhan sehari-hari dalam 100gram ubi jalar. Manfaat vitamin a dalam ub jlar adalah untuk mencegah berbagai gangguan penyakit mata.
  • Labu. 50 gram buah labu memiliki kandungan vitmin A sebanyak 19.060 IU tau sekitar 820% DV untuk kebutuhan wanita. Vitamin A pada buah labu dapat mencegah maslah rabun, penglihatan kabur, mendukung fungsi retina, dan mencegah berbagai penyakit mata yang dapat mengakibatkan kebutaan.
  • Wortel. Sudah tidak asing lagi bagi kita kalau wortel sebagai sumber vitamin a yang baik, dalam 100gram wortel terdapat 16,705 IU atau sekitar 334% DV dari total kebutuhan pria dan wanita. kandungan Beta Karoten yang terdapat pada wortel cukup tinggi sehingga wotrel sangat baik ntuk menjaga kesehatan mata, mencegah gangguan retina, dan mencegah katarak pada lanjut usia.
  • Melon. Buah menyegarkan ini ternyata mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi, dalam 100 gram melon terdapat kadar vitamin A sebanyak 5400 IU. Manfaat melon untuk kesehatan mata adalah melon memiliki kndungan zeaxanthin yang dapat mencegah masalah penurunan fungsi mata. Kandungan vitamin A pada melon juga dapat mencegah kebutaan, rabun, dan menangkal kerusakan retina.
  • Mangga. Buah yang termasuk kedalam tumbuhan dikotil ini menyediakan kebutuhan vitamin A sebesar 35%. Vitamin A yang terkandung dalam buah mangga juga dapat bermanfaat untuk membembantu pemeliharan kesehatan mata, mengurangi resiko kekeringan pada retina, dan rabun senja.

Itulah beberapa makana hewani dan nabati yang mengandung banyak vitamin A. Idealnya dalam sehari rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 5000 IU vitamin A. sebaiknya Anda mengkonsumsi vitamin sesuai dengan kebutuhan tubuh karena sesuatu yang berlebihan selalu mempunyai dampak yang tidak baik kelebihan vitamin A akan mengakibatkan mual, nyeri sendi, sakit kepala, iritasi, dan kerontokan rambu

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY