Makanan Kaya Yodium

SehatFresh.com – Mineral yodium dibutuhkan tubuh agar kelenjar tiroid dapat berfungsi dengan baik. Kelenjar tiroid mensintesis hormon tiroid yang mengatur pertumbuhan dan metabolisme. Kekurangan yodium dari diet meningkatkan risiko pengembangan terbelakang otak pada anak-anak (kretinisme), kelambatan mental, kolesterol tinggi, lesu, lelah, depresi, kenaikan berat badan, dan gondok (pembengkakan kelenjar tiroid di leher).

Rekomendsi US Institute of Medicine untuk asupan yodium harian adalah 90 mikrogram (1-8 tahun), 120 mikrogram (9-13 tahun), 150 mikrogram (14 tahun dan lebih tua), 220 mikrogram (ibu hamil), dan 290 mikrogram (ibu menyusui). Karena tubuh tidak menghasilkan yodium, maka asupannya berasal dari makanan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa bahan makanan yang kaya akan yodium :

  • Makanan laut

Makanan laut merupakan sumber makanan alami dengan kandungan yodium melimpah. Kebanyakan ikan dapat mengekstrak dan mengkonsentrasi yodium dari air laut. Dua dengan yodium cukup tinggi adalah cod (198 mikrogram) dan udang (70 mikrogram) per porsi. Tuna juga mengandung yodium sebanyak 34 mikrogram per porsi 6 ons.

  • Cranberry

Cranberry merupakan buah tinggi antioksidan yang juga memiliki kandungan yodium cukup tinggi. Empat ons cranberry mengandung sekitar 400 mikrogram yodium.

  • Strawberry

Dalam satu porsi, strawberry menyumbang sekitar 10% kebutuhan yodium harian. Satu cangkir strawberry segar mengandung sekitar 13 mikrogram yodium.

  • Kentang

Dari sayuran, kentang adalah sumber yodium yang cukup tinggi. Satu kentang panggang (dengan kulitnya) ukuran sedang menyumbang sebanyak 40 persen kebutuhan yodium harian.

  • Kacang navy

1/2 cangkir kacang navy mengandung sekitar 32 mikrogram yodium. Kacang ini bukan hanya mengandung yodium, tapi juga sangat tinggi serat.

  • Produk susu

Produk susu juga merupakan sumber yodium. Secangkir susu memiliki sekitar 37 persen kebutuhan harian. Satu porsi plain yoghurt dapat memenuhi lebih dari setengah kebutuhan yodium harian, di mana satu cangkirnya mengandung sekitar 90 mikrogram yodium. Satu ons keju cheddar menyumbang sekitar 8 persen kebutuhan yodium harian.

Bagaimana dengan garam beryodium?

Satu gram garam beryodium mengandung 77 mikrogram yodium. Dalam garam beryodium, terdapat juga kandungan unsur natrium. Oleh karenanya, konsumsi garam beryodium pun harus dibatasi. Seperti telah diketahui, asupan natrium berlebih berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Untuk menghindari efek samping tersebut, maka asupan garam harus dibatasi tidak lebih dari satu sendok teh per hari.

Sumber gambar : www.medianita.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY