Makanan-makanan yang Mengandung Serotonin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Serotonin adalah zat kimia di otak atau hormon yang berfungsi sebagai pembawa pesan antarsel saraf otak. Kadar serotonin yang tinggi dapat menimbulkan suasana hati yang baik. Perasaan senang dan gembira dapat terjaga jika kadar serotonin dalam tubuh.

Pada makanan yang diklaim megandung serotonin, sebenarnya tidak sepenuhnya mengandung serotonin, melaikan menandung zat asam aino triptofan yang dapat meningkatkan produksi hormon serotonin. Sedangkan serotonin sendiri, sebenarnya sudah diproduksi oleh tubuh. Berikut beberapa makanan yang mengandung serotonin dan zat asam aino triptofan:

  1. Berbagai jenis kacang dan biji-bijian

Semua jenis kacang dan bijian mengandung zat asam amino triptofan. Rata-rata dari ¼ cangkir kacang atau biji-bijian mengandung 50 mg asam amino triptofan. Jenis biji-bijian yang mengandung zat asam aino triptofan, seperti biji bunga matahari dan biji labu.

Selain mengandung asam amino, kacang juga mengandung serat, antioksida dan vitamin yang baik untuk tubuh. Dan dengan mengkonsumsi jenis kacang-kacangan, bukan hanya meningkatkan hormon serotonin tapi juga bisa menurunkan risiko kanker.

  1. Telur

Telur yang kaya akan kandungan protein dan omega-3nya mampu meningkatkan kadar asam amino tritofan dalam plasma darah. Selain itu, pada kuning telur juga sudah terkandung tritofan secara alami.

  1. Udang

Udang merupakan jenis makanan yang cukup kaya dengan kandungan asam amino triptofannya. Dalam 113 gram udang akan terkandung sekitar 330 mg triptofan.

  1. Coklat hitam

Jenis coklat sebenarnya mengandung kakao. Namun, dalam coklat hitam atau dark chocolate mengandung lebih banyak kakao dari coklat lainnya. Karena, dalam coklat hitam mengandung sekitar 70% kakao. Kakao inilah yang membantu produksi hormon serotonin dalam tubuh.

  1. Berbagai jenis daging

Pada daging terdapat kandungan triptofan yang mencukupi untuk membantu pembentukan hormon serotonin. Pembentukan serotonin juga dapat dipercepat dengan adanya kandungan vitamin B6 dalam daging ayam dan daging kalkun.

  1. Sayuran hijau

Pada sayuran hijau akan terdapat banyak kandungan kalsium. Dan kandungan kalsium iniilah yang akan membantu tubuh memprodusi hormon serotonin. Karena selain asam amino triptofan, kalsium juga menjadi zat pembentuk dasar hormon serotonin.

  1. Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya termasuk sumber protin hewani yang mengandung asam amino triptofan yang bisa membantu pembentukan hormon serotonin. Meskipun kandungan asam amino dalam susu, keju dan yogurt tidak setinggi kandungan yang terdapat pada ikan dan daging, tapi kandungan kalsiumnya mampu membantu produksi serotonin.

  1. Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks

Roti gandum utuh, pasta, sereal, beras dan kentang berguna memperkecil risiko terkena diabetes tipe 2 dan serang jantung. Selain itu, makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga kaya akan kandungan asam amino triptofannya. Sehingga dapat membantu pembentukan serotonin dalam tubuh.


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here