Makanan Olahan yang Berbahaya Bagi Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan olahan merupakan suatu jenis makanan yang telah diproses dan dikemas dan dapat disajikan untuk dimakan secara langsung. Selain itu, ciri lain dari makanan olahan ini dapat anda lihat dari kemasannya jika makanan yang disajikan didalam kotak, ataupun kantong bahkan kaleng dan dibekukan maka makanan tersebut telah melalui proses dehidrasi dan aseptik dengan daftar bahan baku pada label kemasannya, maka makanan maupun minuman tersebut termasuk makanan olahan.

Makanan olahan memang tidak baik bagi kesehatan karena memang makanan olahan ini terlebih dahulu sudah mengalami pengelolahan dari bahan yang alamiah menjadi makanan dengan bahan tambahan. Sebenarnya makanan yang alamiah lebih baik untuk kesehatan, jika makanan alamiah diubah menjadi makanan olahan justru hal ini akan berdampak bagi kesehatan tubuh anda.

Makanan olahan ini memang banyak sekali peminatnya karena dapat digunakan secara instan dan tidak memerlukan proses yang lama untuk disajikan. Anda dapat langsung memakannnya dengan bebrapa tahap saja dan bahkan banyak sekali makanan yang dapat langsung anda konsumsi. Meski praktis dan nyaman makanan olahan tidak disarankan untuk anda konsumsi secara berlebihan. Karena adanya bahan-bahan tambahan yang tidak menyehatkan dan dapat berisiko bagi kesehatan anda seperti :

  1. Pewarna tambahan yang akan membuat makanan atau minuman dalam olahan tersebut memiliki warna yang cerah.
  2. Bahan penstabil bahan ini dapat digunakan untuk membuat makanan seperti daging yang tidak berair.
  3. Pencair minyak dan air, umum nya bahan ini untuk dapat digunakan sebagai campuran air.
  4. Pemutih dan penetral, bahan ini dapat digunakan agar membuat makanan bebas bakteri dan untuk dapat memberikan aroma pada makanan olahan.
  5. Pemberian tekstur agar makanan tidak lembek.
  6. Pembalut bahan ini digunakan untuk membalutkan makanan sehingga makanan lunak dan cair.
  7. Pengawet bahan makanan ini sering sekali digunakan sebagai bahan makanan olahan agar makanan dapat dikonsumsi hingga sampai enam bulan mendatang.
  8. Pemanis bahan makanan yang satu ini sering sekali berperan dalam sebuah makanan olahan untuk pemanis buatan seperti sakarin dan aspartame.
  9. Penyembunyi bau bahan makanan ini dapat digunakan untuk menghilangkan bau yang menyengat dalam makanan instan.
  10. Penambahan rasa, penambahan rasa ini sebagai bahan pengolah makanan agar dapat memberikan rasa yang enak bagi penggemarnya.

Bahan bahan diatas dapat digunakan sebagai pengelolahan bahan makanan olahan yang tidak sehat untuk tubuh anda dan akan berisiko mengakibatkan penyakit yang bisa saja menyerang tubuh anda di kemudian waktu contohnya seperti :

  1. Bahaya kanker

Bahan kimia sintestis didalam makanan olahan, terutama pada daging balogna atau daging sosis olahan yang akan meningkatkan risiko terhadap penyakit kanker pankreas.

  1. Obesitas

Salah satu penyebab obesitas karena adanya kandungan gula, lemak dan garam yang tinggi serta rendahnya kandungan nutrisi dan serat didalam makanan olahan tersebut

  1. Jantung

Penyakit jantung yang menyerang seseorang sangat banyak sekali kasus awalnya berasal dari makanan itu sendiri makanan yang mengandung lemak trans, jenis lemak erbahaya yang memang meningkatkan kadar LDR atau kolesterol jahat yang merusak HDL atau kolesterol baik dalam tubuh manusia

Informasi diatas sekiranya dapat membantu pengetahuan anda untuk dapat memilih makanan yang sehat dan memberikan anda pengetahuan untuk berhati hati dalam memilih makanan. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here