Makanan Pemicu Berat Badan Berlebihan saat Puasa

SehatFresh.com – Bagi sebagian orang puasa biasa dijadikan sebagai ajang untuk melakukan diet atau menurunkan berat badan berlebih sesuai dengan yang diinginkan. Mempunyai bentuk tubuh dan berat badan yang proporsional merupakan impian setiap orang, selain demi menjaga kesehatan hal ini juga untuk menjaga penampilan lebih menarik.

Lalu bagaimanakah jika saat berpuasa berat badan justru meningkat bukannya menurun? Jika Anda berbadan kurus pastinya akan senang dengan kondisi ini. Akan tetapi, bagi mereka yang sudah mempunyai berat badan berlebih pastinya hal ini menjadi hal yang paling menyebalkan.

Kondisi ini bergantung dari pola makan dan asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita. Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa makanan pemicu naiknya berat badan.

  • Makanan Manis

Memang berpuasa dengan yang manis sangat dianjurkan oleh agama seperti kurma. Akan tetapi, konsumsi makanan dengan kadar glukosa tinggi dapat menyebabkan tubuh lebih cepat bertambah beratnya. Sebaiknya konsumsi makanan manis secukupnya saja untuk menjaga kadar gula dalam darah masih tetap stabil.

  • Makan berlebih

Tidak jarang seseorang yang melaksanakan puasa melakukan ajang balas dendam di malam hari. Karena di siang hari perut tidak menerima asupan makanan apapun ketika berbuka seluruh makanan yang ada dihajar habis. Selain membuat kerja lambung berat, konsumsi makanan berlebihan saat berbukaakan membuat Anda cepat mengantuk dan malas. Makanlah secara perlahan, mulai dari makanan kecil kemudian makan berat. Kontrol makan agar tidak berlebih juga berguna agar Anda tidak merasa mual ketika melaksanakan sholat tarawih.

  • Makanan dengan kadar protein tinggi

Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sembilan asam amino esensial, kolin, yang tepat lemak, dan vitamin D. Makanan lain dengan kadar protein tinggi yaitu ikan tuna. Kandungan asam lemak omega-3 membantu tubuh melancarkan metabolisme. Kedua makanan ini mampu menjadikan tubuh lebih cepat mengalami peningkatan.

  • Susu murni

Kandungan vitamin A dan vitamin D didalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Konsumsi susu murni bersama oatmeal saat sahur atau meminunya secara langsung. Nutrisi tinggi di dalam susu murni mujarab untuk menambah berat badan. Jika Anda ingin berat badan Anda tidak naik sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsusi susu murni.

  • Makanan dengan kadar kalori tinggi

Sejatinya untuk menambah atau mengurangi berat badan tergantung pada asupan jumlah kalori dalam tubuh. Jika Anda menginginkan berat badan turun maka kurangi saja jumlah asupan kalori Anda perhari dan sebaliknya.

Makanan dengan kalori tinggi yaitu yang meiliki zat karbohidrat tinggi seperti nasi, kentang. Konsumsi ketang sangat baik untuk meningkatkan berat badan apalagi mengkonsumsi bersamaan dengan kulitnya akan menambah nilai nutrisi di dalamnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY