Makanan Penambah Tinggi Badan

SehatFresh.com – Tinggi badan menjadi salah satu aspek fisik yang menunjang kerpecayaan diri. Pertumbuhan tinggi badan akan berhenti ketika lempeng pertumbuhan di ujung tulang menutup. Lempeng ini biasanya menutup di usia 16 tahun pada anak perempuan atau 18 tahun pada anak laki-laki. Pada sebagian orang, lempeng ini baru menutup pada usia sekitar 20 hingga 21 tahun.

Meskipun tinggi badan memang identik dengan gen, faktor lainnya juga memberikan kontribusi yang besar, salah satunya nutrisi. Makan makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging, dan susu menyediakan nutrisi penting seperti protein, kalsium, vitamin A, dan vitamin D yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan dan peningkatan tinggi yang optimal.

Berikut adalah daftar beberapa makanan yang menyediakan nutrisi yang menunjang pertumbuhan tinggi badan yang optimal:

  • Susu dan produk olahannya. Susu kaya akan kandungan kalsium. Kalsium memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat. Selain kalsium, susu juga mengandung vitamin A dan vitamin D yang berperan memelihara kalsium dalam tubuh, serta kandungan protein dalam susu berperan dalam pembangunan sel-sel tubuh. Selain susu, produk olahan susu seperti keju dan yoghurt juga membantu mendukung pertumbuhan tinggi badan yang maksimal.
  • Buah dan sayur. Buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin A membantu dalam perkembangan tulang dan jaringan dalam tubuh. Buah-buahan seperti melon, jeruk, pepaya, mangga, semangka dan aprikot mengandung vitamin A yang melimpah. Vitamin A juga ditemukan dalam sayuran seperti wortel, kacang polong, labu, brokoli, bayam, kubis, dan ubi jalar. Jeruk, buah berry, kentang, dan tomat juga mengandung vitamin C yang mendukung pertumbuhan tulang yang sehat serta berkontribusi juga pada tinggi badan.
  • Daging ayam merupakan makanan hewani dengan kandungan protein yang melimpah. Kandungan protein ini berkontribusi untuk pembangunan jaringan dan otot dalam tubuh yang menunjang pertumbuhan tinggi badan.
  • Telur. Protein, vitamin A, dan vitamin D berperan penting untuk pertumbuhan tinggi badan, terutama selama masa pubertas. Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi, mengandung berbagai asam amino esensial yang dibutuhkan untuk menunjang fungsi tubuh. Telur juga mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, riboflavin, selenium, asam folat, asam pantotenat, dan fosfor. Dengan kandungan nutrisi tersebut, telur merupakan makanan bernutrisi yang membantu menunjang pertumbuhan tinggi badan yang optimal.
  • Kedelai merupakan makanan nabati dengan kandungan protein tinggi. Protein murni yang terkandung dalam kedelai membantu meningkatkan massa tulang dan mendukung pertumbuhan jaringan dalam tubuh.
  • Oatmeal memiliki kandungan protein tinggi, membantu meningkatkan massa otot, serta mengurangi lemak tubuh. Semakin otot bertumbuh, semakin besar potensi pertumbuhan tinggi badan Anda.
  • Ikan. Ikan seperti salmon, tuna, sarden merupakan makanan yang kaya protein dan vitamin D. Keduanya dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi badan. Vitamin D mempromosikan penyerapan kalsium dari sumber makanan lain yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.
  • Kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang almond mengandung beragam mineral, lemak sehat, dan asam amino yang berperan dalam perbaikan jaringan tubuh dan mempromosikan pembangunan jaringan yang sehat.
  • Biji-bijian. Nutrisi yang ditemukan dalam biji-bijian juga menunjang pertumbuhan tinggi badan. Nutrisi dalam biji labu misalnya, membantu mempromosikan pembangunan jaringan baru dan memperbaiki jaringan tubuh.

Pola makan sehat disertai porsi aktivitas fisik yang memadai membantu Anda mencapai berat badan yang ideal dan tinggi badan yang optimal. Tinggi badan yang kurang maksimal i merupakan akibat pertumbuhan yang lambat terkait asupan gizi yang tidak memadai. Oleh karenanya, pola makan sehat gizi seimbang sangat penting untuk memaksimalkan pertumbuhan tinggi badan, terutama selama tahun-tahun remaja.

Sumber gambar : wordpress

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY