Makanan Pencegah Asam Urat

SehatFresh.com – Apakah Anda pernah merasakan sakit disertai dengan bengkak kemerahan yang sangat mengganggu pada bagian sendi, terutama sendi jempol kaki? Jika pernah mungkin Anda menderita penyakit asam urat atau nama lainnya adalah penyakit pirai atau gout. Penyakit ini sejenis radang sendi yang disebabkan oleh pengkristalan natrium urat di dalam atau di sekitar sendi. Penyakit asam urat hanya salah satu dari dua ratus lebih bentuk penyakit radang sendi yang berbeda-beda.

Untuk mencegah penyakit tersebut, diperlukan makanan yang dapat mencegah datangnya asam urat, yaitu:

  • Apel buah yang sangat bermanfaat untuk menurunkan asam urat dan kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan asam malat pada buah apel yang bisa menetralkan efek asam urat dalam tubuh. Zat ini juga bisa membantu pengeluaran asam urat dari tubuh  lewat saluran urin. Kandungan pektin dalam buah apel bisa menghambat proses oksidasi kolesterol sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Konsumsi apel setelah makan sangat disarankan untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat tinggi.
  • Alpukat mengandung kadar gula yang sangat rendah, meningkatkan kadar basa yang bisa memerangi kadar asam dalam tubuh. Alpukat sangat sehat untuk tubuh karena mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol buruk dalam tubuh, menghancurkan kolesterol buruk dan menggantinya dengan kadar kolesterol yang sehat. Alpukat juga akan membantu menurunkan berat badan, sebab berat badan berlebih memiliki risiko tinggi terhadap asam urat yang tinggi juga. Untuk hasil terbaik, maka disarankan makan alpukat dalam campuran salad sayur dan buah.
  • Air dan teh hijau sangat penting untuk menurunkan asam urat dan kolesterol dalam tubuh. Air akan membantu tubuh mengalirkan kadar asam urat yang tinggi melalui saluran urin. Teh hijau akan membantu tubuh mengeluarkan semua limbah dan kotoran dalam tubuh yang bisa memicu kadar asam urat tinggi. Teh hijau juga bisa menurunkan kadar LDL karena mengandung kadar antioksidan sangat tinggi. Minum setidaknya dua cangkir teh hijau setiap hari akan membantu tubuh menjadi lebih sehat untuk penderita asam urat dan kolesterol tinggi.
  • Ikan salmon merupakan salah satu ikan yang bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar asam urat tinggi. Ikan salmon mengandung kadar purin yang rendah sehingga masih aman untuk dikonsumsi, hanya saja tetap harus dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Ikan salmon juga akan menurunkan kadar kolesterol tinggi, karena kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat di dalamnya penting untuk memerangi kadar kolesterol buruk pada Ikan ini juga akan menurunkan risiko penyakit komplikasi yang biasanya sering terjadi pada penderita kolesterol tinggi, seperti penyakit jantung dan stroke dan akan meningkatkan perlindungan tubuh untuk mengatasi berbagai penyakit peradangan.
  • Makanan mengandung serat tinggi bisa mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Serat akan membantu proses pencernaan dan penyerapan sari makanan dalam tubuh. Serat juga berfungsi untuk menyerap kadar asam urat dalam darah dan akan dibuang lewat saluran urin. Serat bisa membantu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh yang mengurangi dampak kolesterol berlebihan. Contoh makanan yang mengandung serat tinggi, yaitu brokoli, oats, seledri, wortel, kale, sawi, tomat, dan kubis.
  • Pisang sebenarnya buah yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan pisang seperti gula rendah, kadar alkali yang cukup tinggi, dan sumber kalium bisa menurunkan kadar asam urat. Kalium bisa membantu menurunkan kadar asam urat karena akan mencairkan asam dalam tubuh dan kemudian keluar dari tubuh lewat saluran urin. Namun disarankan untuk tidak makan berlebihan karena bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Sementara kandungan kalori dalam buah pisang memiliki efek mengenyangkan dalam waktu lama yang bisa menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol.

Hindari makanan yang dapat menyebabkan asam urat

  1. Makanan jeroan, seperti hati, otak, b­­­­abat, ginjal, usus, paru, dan limpa.
  2. Daging-dagingan, seperti daging sapi, daging kambing, hingga daging kuda.
  3. Makanan laut (seafood), seperti cumi-cumi, kerang, sotong, remis, ikan sarden, ikan teri, tiram, dan udang.
  4. Ekstrak daging seperti dendeng dan abon.
  5. Daging bebek kalkun dan angsa.
  6. Makanan yang dikemas dalam kaleng, seperti sarden, kornet sapi, dan masih sebagainya.
  7. Untuk buah-buahan yang menjadi pantangan sekaligus penyebab asam urat misalnya nanas dan durian.

Sumber gambar : npid-pass.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY