Makanan Pencegah Kulit Kering

www.sehatferesh.com

SehatFresh.com – Kulit kering sering dikeluhkan banyak orang. Kekeringan terjadi ketika kulit kehilangan kelembaban atau tidak dapat mempertahankan kelembabannya. Faktor cuaca, mandi terlalu sering, dan menggunakan sabun yang keras dapat menyebabkan kulit kering. Selain itu, kulit kering juga dapat mengindikasikan masalah kesehatan, yaitu kekurangan vitamin atau mineral tertentu. Untuk menutupi kulit kering, kebanyakan orang menggunakan krim atau lotion pelembab. Ini memang dapat membantu. Tapi, bila kulit kering terus menerus, coba tanyakan pada diri sendiri apakah kulit Anda sudah ternutrisi dengan baik?

Kondisi kulit mencerminkan kondisi kesehatan. Makanan adalah faktor utama yang berpengaruh terhadap status kesehatan seseorang. Dengan demikian, apa yang kita makan dan minum berdampak juga pada kondisi kulit. Oleh karenanya, penanganan kulit kering juga utamanya melibatkan perbaikan pola makan. Selain itu, pencegahan kulit kering juga dapat dibantu dengan meningkatkan konsumsi makanan tertentu yang secara khusus memberikan manfaat baik untuk kulit.

Beberapa daftar bahan makanan yang baik untuk pencegahan kulit kering, diantaranya:

  • Air. Agar terhindar dari kulit kering, kunci utamanya adalah terpenuhinya kebutuhan cairan sehari-hari sehingga tubuh terhidrasi dengan baik. Minum air putih dalam jumlah yang cukup (setidaknya delapan gelas sehari) sangat penting untuk menjaga kelancaran sirkulasi dalam kulit. Ada beberapa alasan mengapa tubuh tidak mendapatkan cukup air sehingga kulit menjadi kering. Apa pun yang membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat (seperti olahraga atau berada di luar di bawah sinar matahari) dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Sakit dapat mengganggu keseimbangan cairan tubuh, terutama terutama diare dan Dalam kasus semacam itu, Anda mungkin perlu minum lebih banyak air untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.
  • Makanan kaya antioksidan. Makan banyak buah dan sayuran yang kaya antioksidan dalam bentuk utuh ataupun dalam bentuk jus membuat kulit terhidrasi dan terlindungi dari kerusakan radikal bebas. Antioksidan yang terkandung di dalam buah dan sayur mendukung produksi kolagen guna mempertahankan kekenyalan dan kekencangan kulit. Ubi jalar, melon, mangga, jeruk, nanas, stroberi, rasberi, bluberi, semangka, dan grapefruit hanyalah beberapa contoh makanan yang menyumbang nutrisi yang dibutuhkan untuk tampilan kulit yang sehat. Bayam dan sayuran hijau lainnya, mengandung zat besi, folat dan fitokimia yang baik untuk melembabkan kulit dan menjaganya tetap sehat.
  • Makanan kaya serat. Tidak hanya baik untuk pencernaan, serat juga membantu dalam menyingkirkan bahan kimia beracun dari tubuh seperti asap rokok, hormon stres dan faktor lingkungan lain yang dapat menyebabkan kulit kering. Racun tersebut akan berdampak pada seluruh tubuh, tetapi paling jelas di kulit. Kulit yang sehat adalah hasil dari aliran darah yang baik ketika racun dibersihkan dari sistem Selain buah dan sayuran, oatmeal merupakan makanan sumber tinggi serat lain yang baik untuk kulit.
  • Makanan kaya asam lemak omega-3. Kulit membutuhkan asam lemak omega-3 untuk melindungi lapisan lipid (lemak) luar kulit. Lemak baik ini membantu melembutkan dan melembabkan kulit serta mengurangi tampilan keriput. Bahkan, kekurangan omega-3 dapat menyebabkan kulit kering dan eksim. Ikan seperti salmon, tuna, dan trout, memiliki kandungan omega-3 yang tinggi. Selain dari ikan, Anda juga dapat memperoleh manfaat omega-3 dari biji rami, alpukat, dan kacang.
  • Makanan kaya zinc. Sinar UV matahari, polusi, cuaca, bakteri, virus, bahan kimia dalam produk perawatan kulit harian, pola makan yang buruk, stres, dan kurang olahraga, dapat memicu kerusakan kulit. Untungnya, kulit memiliki kekuatan regeneratif alami untuk memperbaiki luka ringan, cedera, dan kerusakan radikal bebas. Akan tetapi, proses ini memerlukan peranan zinc agar berjalan optimal. Zinc berperan mengurangi pembentukan radikal bebas yang akan merusak kulit serta melindungi lipid kulit dan sel fibrolas yang membuat kolagen. Peranan zinc dalam tubuh perlu didukung oleh asupan makanan kaya zinc, seperti tiram, kalkun, kepiting, daging sapi tanpa lemak, biji labu, kacang almond, kacang mete, dan biji bunga matahari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY