Makanan Pencegah Mual

wordpress.com

SehatFresh.com – Mual cukup sering dikeluhkan banyak orang. Bahkan, beberapa orang merasakan mual setelah makan dan terkadang disertai muntah. Secara garis besar, mual adalah gejala dari masalah pencernaan. Setelah dikunyah, makanan masuk ke dalam lambung untuk dicerna sebelum dipecah menjadi senyawa yang lebih kecil di usus kecil. Jika merasa mual setelah makan, masalahnya mungkin berawal dari lambung, ketika makanan mulai dicerna.

Selain karena kehamilan, mereka yang tengah menjalani pengobatan kanker seperti kemoterapi dan radiasi juga rentan mengalami mual. Penyebab mual lainnya adalah karena mabuk, rasa sakit, keracunan makanan, stres emosional, mencium bau yang tidak diinginkan dan berbagai virus perut. Untuk mengatasi dan mencegah rasa mual ini. ada beberapa makanan yang dapat memberikan bantuan secara cepat. Apa saja?

  • Apel. Sedikit serat akan sangat membantu dalam membersihkan bahan kimia perangsang mual dari dalam tubuh. Apel merupakan buah berair dan berserat yang dapat memberikan bantuan agar terhindar dari mual. Buah yang kerap kali ada dalam menu program penurunan berat badan ini dapat membuat perut menjadi lebih tenang dan terhindar dari rasa mual.
  • Cracker. Makanan tinggi pati seperti cracker membantu menyerap asam lambung sehingga dapat membantu dalam meredakan dan mencegah datangnya mual. Makan beberapa cracker sebelum tidur dapat membantu meringankan rasa mual di pagi hari. Tetapi, disarankan untuk memilih cracker dengan rasa plain, bukan yang manis bertabur gula.
  • Jahe telah terbukti dapat membantu mengurangi rasa mual dan muntah. Aroma dan rasa jahe yang hangat dapat meredakan mual dalam waktu singkat. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan menyeduhnya menggunakan air hangat sebagai teh. Permen jahe juga bisa menjadi pilihan praktis. Dengan ini, perut akan terasa lebih nyaman dan rasa mual pun mereda.
  • Kacang-kacangan. Sering mual juga bisa mengindikasikan bahwa tubuh kekurangan asupan protein. Memakan makanan kaya protein seperti kacang-kacangan bisa jadi pilihan yang tepat dan sehat untuk mengatasi dan mencegah mual.
  • Pisang dapat membantu meringankan gangguan pencernaan dengan merangsang produksi lendir pada lapisan perut. Lendir menciptakan penghalang antara lapisan perut dan zat asam lambung yang menjadi pemicu mual.
  • Sport drink. Umumnya, sport drink atau minuman olahraga mengandung elektrolit natrium dan kalium. Minuman andalan para atlet ini sangat membantu dalam mengembalikan keseimbangan cairan tubuh yang terkuras usai olahraga. Meskipun Anda tidak sedang olahraga, sport drink dapat memberikan bantuan cepat ketika sedang merasa mual.
  • Mint. Aroma mint yang menyegarkan memberikan efek positif bagi tubuh. Selain itu, minum segelas teh mint atau mengunyah daun mint segar, atau permen mint juga dianggap sebagai cara efektif untuk meredakan
  • Lemon secara alami memiliki efek menenangkan dan dapat pula meredakan mual. Anda bisa menggigit sepotong lemon, minum perasaan lemon yang dicampur dengan air hangat atau teh, atau mencium aroma potongan lemon.

Ketika Anda merasakan mual, hindari makanan yang digoreng atau makanan berlemak tinggi. Perut yang dibiarkan kosong bisa membuat rasa mual semakin parah. Oleh karenanya, makanlah camilan atau makan setiap dua jam dengan porsi sedikit demi sedikit. Bila bau tertentu sering memicu mual, mintalah seseorang untuk membantu menyiapkan makanan sehingga Anda dapat terhindar dari bau yang tidak menyenangkan yang memicu rasa mual. Buat tubuh dalam posisi tegak setelah makan guna memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan. Sangat penting juga agar tubuh tetap terhidrasi. Bila Anda dehidrasi, rasa mual cenderung semakin parah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY