Makanan Pendamping ASI Pada Bayi yang Masih Berumur 6 Bulan

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat pembaca, banyak yang masih belum tahu bagaimana membiasakan anak makan makanan pendamping ASI ketika masih berumur 6 bulan? Jika ya, artikel berikut akan memberikan solusi bagi pertanyaan tersebut.

Bagaimana Tips Memberi Makanan Pendamping ASI?

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para ibu yang memiliki bayi yang sudah beranjak usia 6 bulan untuk memberikan makanan pendamping, sebagai berikut:

  • Hindari Pemberian Madu

Meskipun madu merupakan makanan yang memiliki khasat tinggi tapi hindari pemberian madu bagi bayi. Pemberian madu bisa diberikan kepada anak yang sudah masuk usia satu tahun karena proses pencernaan bayi belum siap menerimanya. Kandungan madu ialah bakteri atau toksin botulinnum dimana bayi belum kuat.

  • Haluskan Buah dengan Bentuk Jus

Haluskan buah dengan bentuk jus sehingga lembut dan lunak tanpa pemberian gula dan pemanis buatan karena justru akan membuat nafsu makan bayi menjadi hilang.

  • Mulailah dengan Memberi Makanan yang Sederhana Dulu

Perkenalkan makanan pendamping ASI dengan makanan yang lebih sederhana terlebih dahulu misalnya dengan bubur yang sudah disaring tanpa menambahkan garam dan gula. Apabila bayi mengalami kurang selera makan, maklumi saja lah karena memang bayi belum dapat mengenal rasa.

  • Mulai Memberi Sedikit Demi Sedikit SEcara Bertahap

Bagi Anda yang sedang memperkenalkan makanan pendamping ASI, maka bisa diberikan terlebih dahulu porsi kecil dengan frekuensi yang sesuai dengan usianya. Jika masih pertama maka ada baiknya diberikan sebanyak dua atau tiga sendok teh, sehingga kualitas makanannya sangat baik karena mengandung banyak gizi harian untuk anak usia bayi.

  • Hindari Makanan yang Dapat Menyebabkan Alergi

Jika ibu memiliki riwayat alergi maka ada baiknya hindari makanan pendamping ASI pada bayi karena bisa jadi bayi juga memiliki alergi kacang. Perkenalkan porsinya lebih sedikit tanpa dicampur dulu sebelum mengetahui jelas makanan yang bisa membuat bayi menjadi alergi. Berikan telur dengan mencampurnya dalam bubur kemudian saring dan cobalah sedikit pada bayi. Jika timbul reaksi maka bisa dibilang juga bayi mengalami alergi telur.

  • Pastikan Anak Diperkenalkan dengan Sayuran

Memperkenalkan sayur dapat dilakukan dengan buah manis seperti labu dan pisang sehingga mudah diterima bayi. Sebab jika langsung diberikan sayur yang rasanya lebih kompleks bayi akan kurang suka.

Demikian informasi mengenai tips mengatasi milk blister atau bintil putih yang bisa terjadi pada payudara yang sedang menjalani masa menyusui. Semoga dapat bermanfaat bagi Pembaca untuk memberikan yang terbaik bagi si kecil agar tumbuh sehat, kuat, dan perkembangannya bisa lebih sempurna dai hari ke hari. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY