Makanan Pendongkrak Dopamin

SehatFresh.com – Dopamin adalah zat kimia kuat yang berfungsi sebagai neurotransmitter seluruh tubuh. Zat ini secara luas memberi efek pada banyak fungsi tubuh. Secara khusus, dopamin sangat berkaitan dengan suasana hati dan kognisi, serta memungkinkan manusia untuk merasakan kenikmatan dan gairah. Makanan tertentu dapat meningkatkan produksi dopamin dan menstabilkan kadarnya dalam tubuh.

Kadar dopamin yang memadai dalam membantu tubuh untuk mengatur suasana hati, perhatian dan pembelajaran, dan bahkan dapat memengaruhi kepribadian. Menurut Franklin Institute, asam amino yang menjadi kunci produksi dopamine adalah tirosin. Mengonsumsi makanan yang kaya akan tirosin berarti membantu tubuh dalam produksi dopamin.

  • Makanan sumber protein

Middle Tennessee State University menyebutkan bahwa setiap makanan yang kaya protein hewani dapat membantu meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Protein merupakan prekursor penting untuk dopamin dan banyak zat lainnya dalam tubuh. Tubuh bergantung pada asam amino yang ditemukan dalam protein sebagai blok bangunan untuk membuat dopamin. Daging seperti ayam, daging sapi dan telur merupakan protein bentuk lengkap yang dapat digunakan untuk menghasilkan dopamin. Makanan nabati seperti kedelai dianggap sumber protein tidak lengkap. Namun, bila dimakan secara beragam, protein nabati mampu menyediakan pasokan asam amino yang diperlukan untuk menghasilkan dopamin.

  • Buah-buahan dan sayuran

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal “Experimental Neurology” pada tahun 2005, makanan yang kaya antioksidan dianggap memiliki efek mengurangi peradangan dan mempertahankan tingkat asam amino yang sehat. Quercetin adalah antioksidan kuat yang ditemukan dalam apel, yang bermanfaat merangsang produksi dopamin dan membantu mencegah penyakit neurogeneratif seperti Parkinson. Asam amino tirosin yang berlimpah dalam pisang matang juga dapat membantu merangsang dan mengontrol kadar dopamin. Stroberi, plum dan blueberry juga meningkatkan kadar dopamin. Bit dan artichoke merupakan contoh sayuran yang dapat membantu mengatur produksi dopamin.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan makanan alami dengan asam amino melimpah untuk produksi dopamin. Almond tawar, biji labu dan biji wijen bisa dijadikan sebagai camilan sehat yang membantu menjaga kadar dopamin.

  • Keju dan cokelat

Produk susu mengandung fenilalanin, di mana tubuh dapat mengkonversinya menjadi tirosin. Salah satu cara membantu tubuh menghasilkan tirosin adalah dengan mengonsumsi keju cottage, keju ricotta, yogurt alami dan susu. Cokelat hitam juga kaya akan kandungan tirosin dan fenilalanin.

Sumber gambar : idzona.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY