Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Sehat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca, pernahkah Anda merasa kurang percaya diri dengan bentuk badan Anda sendiri? Pernah merasakan diet yang tidak sehat dan begitu menyiksa?

Makanan Pengganti Nasi untuk Diet

Diet bukan berarti tidak makan, justru diet ialah sebuah cara untuk mengurangi atau mengganti menu makan. Tapi masih harus termasuk dari menu makanan yang sehat. Makanan pengganti nasi untuk diet ialah sebagai berikut:

  • Kembang Kol

Kembang kol merupakan jenis sayuran pengganti nasi yang manis dan tawar namun dan memberikan dampak mengenyangkan dalam waktu lama. Kembang kol memiliki nutrisi seperti vitamin, karbohidrat lembut, protein, mineral, dan tanpa lemak. Kembang kol mengandung senyawa glukosinates yang berfungsi untuk menurunkan resiko semua jenis kanker. Cara mengkonsumsinya mudah yaitu hanya dengan mencampur dengan sayuran lain menjadi sup kuah. Pastikan Anda merebusnya hanya sebentar saja agar kandungannya tidak hilang.

  • Kentang

Kentang merupakan makanan pengganti nasi yang sangat baik bagi pasien diabetes. Kentang banyak mengandung fosfor, kalium, vitamin B kompleks, dan vitamin C. Kentang memberikan kesan mengenyangkan dalam waktu yang lama. Cara mengkonsumsinya bisa dengan mengukus tanpa mengupas kulit agar tidak mengurangi kandungan protein alaminya.

  • Singkong

Singkong merupakan menu diet yang dapat menjadi pengganti nasi. Singkong merupakan sumber karbohidrat yang memiliki kalori tinggi seperti kalsium, protein, fosfor, vitamin dan serat yang tinggi. Serat yang terdapat di dalam singkong berfungsi mempercepat penurunan berat badan dan membuang kadar kolesterol jahat tubuh.

  • Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan penganti nasi yang sangat baik untuk diet. Ubi jalar dikenal dalam kasiatnya yang mudah menurunkan berat badan. Ubi jalar banyak mengandung zat besi, karbohidrat, fosfor kalsium, dan masih banyak lagi lainnya. Cara makannya mudah bisa direbus saja lalu dimakan sudah sangat enak.

  • Sukun

Sukun banyak mengandung kadar karbohidrat yang lebih tinggi dari nasi, tapi kalorinya lebih rendah. Sukun cocok digunakan sebagai pengganti nasi untuk diet. Sukun mengandung banyak Indek Glikemik yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Secara otomatis sukun juga sangat baik dimakan oleh para penderita diabetes. Sukun juga sangat baik untuk kesehatan jantung serta ginjal.

  • Pasta

Pasta salah satu makanan pengganti nasi yang  rendah lemak untuk menjaga berat badan tetap proporsional. Pasta memiliki kandungan indeks glikemik rendah, sehingga aman dikonsumsi.

Demikian informasi mengenai makanan pengganti nasi yang baik dimakan saat diet. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca yang sedang ingin memperbaiki penampilan. Jangan biarkan masyarakat melakukan diet kejam yang tidak sehat yang justru bisa mengancam kesehatan dan jiwa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here