Makanan Pengontrol Gula Darah

0
110

SehatFresh.com – Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Mengatur kadar gula darah sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat serta menurunkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Menurut penelitian terbaru, orang-orang dengan kadar gula darah tinggi juga berada pada peningkatan risiko terkena kanker. Banyak makanan yang kita makan akan diubah menjadi gula darah untuk digunakan oleh tubuh sebagai energi.

Tubuh memerlukan gula untuk kebutuhan energi. Sumber gula darah utama berasal dari makanan. Gula yang berasal dari makanan akan masuk ke dalam aliran darah. Kemudian gula-gula tersebut akan masuk ke dalam otot. Gula akan diubah menjadi energi di dalam otot dan seluruh sel-sel tubuh,. Gula darah dari makanan merupakan hasil proses pencernaan dari karbohidrat yang banyak ditemukan pada nasi, roti, kentang, dan umbi-umbian.

Kadar gula darah yang tinggi merupakan faktor utama yang menyebabkan seseorang mengembangkan diabetes mellitus. Untuk itu perlu adanya pencegahan supaya terhindar dari penyakit diabetes, terutama jika Anda mempunyai riwayat keluarga diabetes. Menjaga kadar gula darah tetap dibawah kontrol merupakan cara yang tepat untuk mengurangi resiko penyakit ini. Caranya adalah dengan mengatur pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan yang terpenting adalah pola makan yang baik. Pola makan sangat memainkan peran dalam hal ini. Jika Anda menderita diabetes, banyak sekali pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi terutama makanan tinggi kalori, makanan manis dan makanan berlemak. Lalu, makanan apa saja yang dapat menstabilkan gula darah? Berikut ulasannya:

  • Makanan tinggi protein: Salah satu cara terbaik untuk menstabilkan kadar gula darah adalah dengan mengkonsumsi makanan berprotein tinggi. Protein sangat berperan dalam berbagai fungsi metabolisme tubuh. Protein dapat ditemukan di daging merah, ikan, ayam, telur, legum, kacang-kacangan, biji-bijian dan tahu.
  • Makanan tinggi chromium: Chromium berperan penting pada metabolisme dan penggunaan karbohidrat, sintesa asam lemak, kolesterol dan protein. Chromium membantu menormalkan kadar gula darah dan meningkatkan produksi insulin. Contoh makanan yang kaya akan chromium adalah brokoli, sereal gandum, kacang-kacangan, jamur dan kacang kedelai.
  • Makanan tinggi serat: Serat membantu menstabilkan kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa dari makanan. Salah satu manfaat paling penting dari serat adalah dapat menurunkan berat badan, sehingga Anda dapat mencapai berat badan yang sehat. Makanan yang kaya akan serat meliputi roti gandum dan sereal, beras merah, legum, buah-buahan dan sayuran.

Sumber gambar : www.perutgendut.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY