Makanan Penunjang Olahraga

Sebelum berolah raga, dianjurkan untuk makan setidaknya satu jam terlebih dulu. Hal ini ditujukan untuk menunjang ketersediaan energi yang akan diperlukan saat berolah raga. Untuk mendukung latihan fisik Anda, ada sejumlah makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi sebelum maupun setelah berolahraga.

Meskipun ada yang menyebutkan untuk tidak menyantap makanan sebelum berolahraga, tetapi yang sering direkomendasikan adalah mengonsumsi makanan ringan satu jam sebelum memulai olahraga. Selain itu, para ahli menyebutkan bahwa ada sejumlah makanan dan minuman direkomendasikan guna membantu mencapai target kebugaran dengan lebih cepat.

Berikut adalah makanan dan minuman tertentu yang bisa menunjang latihan Anda:

  • Oat
    Karbohidrat merupakan penunjang terbaik untuk otot saat berlatih. Namun, tidak semua karbohidrat sama. Karbohidrat kompleks yang dicerna secara perlahan dan berasal dari biji utuh adalah yang paling direkomendasikan. Karbohidrat kompleks akan menjaga pelepasan glukosa dalam darah sehingga dapat memberi energi yang dibutuhkan selama latihan berlangsung. Oat terutama oat utuh menjadi pilihan terbaik karena kaya akan serat yang lambat dicerna dan menjaga kadar glukosa darah tetap stabil.
  • Kopi
    Minum 350 ml kopi sebelum berolah raga rupanya dapat membantu berlatih lebih lama sekaligus mendongkrak daya tahan serta meredakan nyeri terkait olah raga. Studi yang dilakukan University of Illnois mengungkapkan bahwa pria yang mendapat dukungan kafein satu jam sebelum bersepeda intens dilaporkan hanya sedikit yang mengalami nyeri otot selama latihan dibandingkan dengan kelompok yang sama tanpa mendapatkan dukungan kafein.
  • Kismis
    Energi yang diperoleh dari satu kotak kecil kismis setara dengan energy bar. Namun, kismis memberikan lebih banyak karbohidrat untuk tenaga yang lebih serta potasium yang akan membantu menjaga keseimbangan cairan, mencegah dehidrasi serta kram otot. Satu kotak kecil kismis menyediakan lebih dari 300 mg potasium, setara dengan jumlah yang diperoleh dari satu buah pisang berukuran kecil.
  • Nanas dan pepaya
    Nanas dan pepaya kaya akan kandungan enzim bromelain dan papain respectivamente, yang dapat membantu meningkatkan kekuatan dan elastisitas otot. Enzim tersebut tidak hanya memecah protein untuk pencernaan tapi juga memiliki sifat anti-radang untuk mempercepat pemulihan pasca-latihan.
  • Kacang dan polong-polongan
    Kacang dan polong-polongan telah dikenal kaya akan kandungan protein serta tinggi akan karbohidrat kompleks, nutrisi yang bertanggung jawab dalam memberikan energi ke otot dan otak.
  • Alpukat
    Alpukat kaya akan kandungan lemak tak jenuh tunggal, kandungan potassium dan salah satu sumber vitamin A, B1, D, E, K dan B terbaik. Alpukat sering digunakan dalam pengobatan alternatif untuk mengobati radang sendi, kolesterol tinggi, dan penyakit gusi. Kandungan alpukat yang kaya akan vitamin, mineral, lemak, protein dan karbohidrat, menjadikannya sebagai pilihan ideal sebagai makanan sebelum dan sesudah berolahraga.
  • Pisang
    Pisang adalah pilihan makanan yang tepat untuk bahan bakar tubuh, baik sebelum atau setelah latihan. Pisang mengandung gula alami yang menyediakan energi bagi tubuh saat Anda melakukan aktivitas fisik. Pisang kaya akan kandungan potassium, vitamin B6, vitamin C, serat, dan mangan. Potassium dari pisang membantu menjaga tekanan darah tetap normal, meningkatkan fungsi jantung serta mencegah kelelahan otot.
  • Susu coklat
    Susu cokelat, mengandung karbohidrat dan juga protein, yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh yang akan berolahraga. Selain nutrisi yang baik sebelum olahraga, minuman ini juga mempercepat pemulihan otot, serta menyimpan kandungan vitamin dan karbohidrat yang hilang selama olahraga.

pic teruskan.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY