Makanan Penyebab Rasa Kantuk Berlebih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengantuk pada siang hari merupakan hal yang wajar apalagi jika mengonsumsi makanan yang justru membuat rasa kantuk itu datang. Kurangnya kadar oksigen di dalam otak, rendahnya kadar gula darah, dan dehidrasi adalah beberapa penyebab datangnya rasa kantuk dan lelah. Ternyata ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan kantuk lho. Mau tahu? Yuk simak

  • Kacang almond. Mengonsumsi kacang almond sebelum menjalani segudang rutinitas harian dapat menyebabkan kantuk, sebab kacang yang kerap dicampurkan dalam olahan makanan dari coklat ini memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Kandungan magnesium dapat membantu merelaksasikan otot sehingga dapat membuat otak memberikan perintah kantuk. Bukan hanya itu, saat mengonsumsi kacang almond juga dapat meningkatkan rasa kantuk sendiri, rasa santai mampu mematikan siklus adrenalin yang bekerja dalam tubuh.
  • Teh hijau. Menikmati teh hijau di sela-sela kehidupan pasti dapat memberikan efek rileks pada tubuh. Namun tahu kah, ternyata mengonsumsi teh hijau, terutama setelah makan siang, dapat membuat lebih mudah mengantuk. Sebab minuman yang mengandung flavonoid ini dapat mempercepat kinerja dengan meningkatkan gelombang theta,sehingga tubuh menjadi relaks. Efek rileksasi yang ditimbulkan tersebut dapat membuat kita lebih cepat merasa mengantuk. Namun, mengonsumsi teh hijau juga dapat menghambat penyerapan zat besi pada makanan yang kita makan sebelumnya.
  • Makanan berlemak. Makanan berlemak termasuk makanan yang sulit dicerna tubuh, Oleh karena itu jika dikonsumsi berlebihan dapat menguras energi Anda dan membuat kita lemah dan mudah mengantuk.
  • Makanan manis. Makan makanan manis saat sarapan adalah meningkatkan kadar gula darah. Namun aktifitas pekerjaan menyebabkan penurunan kadar gula darah yang terlalu cepat, sehingga tubuh menjadi lemah dan mudah menguap demi mendapatkan lebih banyak oksigen untuk energi proses pembakaran.
  • Keju dan yoghurt. Olahan susu mungkin menjadi favorit semasa Anda kecil. Tapi tahukah Anda, semakin kita menua, tubuh semakin inteloran terhadap protein dalam olahan susu seperti kasein dan dadih susu. Jika tubuh kita mengalami intoleran tersebut, salah satu gejala yang akan dirasa adalah merasa capai dan pusing.
  • Pisang. Salah satu makanan yang dapat membuat kita mengantuk adalah pisang. Pisang memang memiliki manfaat yang positif untuk membantu menurunkan berat badan. Namun di sisi lain, makanan yang satu ini juga dapat memberikan dampak negatif, yakni membuat mudah mengantuk. Hal ini dikarenakan pisang mengandung magnesium dan kalium yang membantu merileksasikan otot tubuh. Bukan hanya itu, pisang juga mengandung sebuah senyawa kimia bernama tripofan yang dapat bereaksi menjadi serotonin dan melatonin yang membuat otak merasa jauh lebih tenang dan mudah mengantuk. Oleh sebab itu, saat memiliki segudang aktivitas, maka ada baiknya jika hindari konsumsi pisang.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY