Makanan Rendah Karbohidrat yang Baik untuk Mencegah Penyakit Jantung

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mungkin sudah kita ketahui bahwa mengurangi makanan berkarbohidrat tinggi disarankan bagi Anda yang ingin mengontrol berat badan. Namun tahukah Anda bahwa selain untuk menjaga berat badan tetap stabil, mengonsumsi makanan sehat rendah karbohidrat juga sangat disarankan untuk mencegah penyakit jantung?

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Bahkan bisa dikatakan serangan jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Di Amerika Serikat diberitakan bahwa serangan jantung lebih banyak menyebabkan kematian dibanding kanker. Di negara tersebut sekitar 13 juta jiwa meninggal karena penyakit jantung.

Bagaimana dengan Indonesia? Di Indonesia, kasus serangan jantung mencapai angka 26,8 persen, banyak di antaranya merupakan orang muda yang berusia di bawah 40 tahun.

Melihat fakta tersebut, pastilah penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling dihindari. Ada banyak cara untuk mencegah penyakit jantung yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat rendah karbohidrat.

Belum banyak yang mengetahui bahwa makanan berkarbohidrat tinggi seperti nasi, mie dan roti adalah makanan yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung apabila dikonsumsi secara berlebihan. Makanan tersebut akan meningkatkan kadar gula dalam darah yang berpengaruh dalam kerusakan fungsi endothelial. Hal tersebut menjadi faktor utama risiko penyakit jantung.

Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan rendah karbohidrat sebagai salah satu upaya untuk mencegah risiko penyakit jantung. Apa saja makanan yang termasuk dalam kategori rendah karbohidrat?

  1. Daging merah

Daging merupakan makanan yang bebas karbohidrat. Anda dapat mengonsumsi daging kambing atau sapi yang lezat tersebut. Namun ingat, hal ini tidak berlaku terhadap makanan olahan walaupun berasal dari daging. Dalam proses pembuatannya, makanan olahan tersebut telah ditambahkan bahan- bahan lain yang memiliki kandungan karbohidrat. Boleh saja apabila Anda ingin mengonsumsi makanan olahan berbahan dasar daging namun tetap perhatikan kandungan gizi dalam makanan tersebut.

  1. Sayur

Menganut pola hidup sehat tentunya Anda sudah sangat familiar dengan sayur-sayuran hijau yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Kita membutuhkan vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur untuk tubuh kita. Selain itu, jika ingin kulit selalu terlihat sehat berseri, rajinlah mengonsumsi sayur.

Sayur memiliki kandungan karbohidrat rendah sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung. Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis sayuran seperti brokoli, tomat, mentimun, paprika dan lain sebagainya.

  1. Buah

Selain sayur, Anda juga sangat direkomendasikan untuk rutin mengonsumsi buah. Buah- buah seperti alpukat, anggur, apel, melon, strawberry dan lain sebagainya rendah kalori dan juga rasanya nikmat dan segar. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau dibuat menjadi jus yang menyegarkan.

  1. Ikan

Bahan makanan lain yang rendah karbohidrat adalah ikan. Ikan baik dikonsumsi karena selain kandungan karbohidrat yang rendah juga mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Selain mengonsumsi makanan rendah karbohidrat seperti yang telah disebutkan di atas, untuk mencegah penyakit jantung Anda disarankan untuk menjalani pola hidup sehat seperti berolahraga. (AYK)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY