Makanan Rendah Natrium Yang Baik Untuk Jantung

SehatFresh.com – Terlalu banyak garam bisa berbahaya bagi kesehatan. Salah satunya, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang awalnya sulit terdeteksi. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Secara umum, batas asupan garam yang direkomendasikan adalah 2.300 miligram (satu sendok teh) per hari.

Alasan mengapa asupan garam perlu dibatasi adalah karena kandungan mineral natrium di dalamnya. Oleh karenanya, tidak hanya asupan garam dapur saja yang dibatasi, tetapi juga semua bahan makanan sumber natrium. Dianjurkan untuk memilih makanan yang diberi label “rendah natrium” atau bahkan “tanpa garam tambahan”. Pastikan untuk membaca label, dan memilih makanan yang mengandung kurang dari lima persen dari batasan garam harian yang direkomendasikan.

Ketimbang memilih makanan olahan pabrik, memilih makanan alami tentunya akan berdampak besar pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lise Gloede, seorang ahli diet dan ahli gizi terdaftar dari Amerika Serikat, merekomendasikan beberapa pilihan makanan rendah natrium berikut ini :

  • Sayuran dan buah-buahan

Buah dan sayuran segar atau beku secara alami rendah natrium (biasanya kurang dari 50 miligram per porsi), terutama bila dimakan mentah atau dimasak tanpa bumbu atau perasa tambahan. Makanan kalengan umumnya mengandung natrium tambahan sebagai bagian dari pengawet. Buah-buahan seperti apel, stroberi, semangka, anggur dan kurma, mengandung kurang dari 5 mg natrium per porsi. Sayuran, seperti asparagus, buncis, selada, terung, kacang polong, kentang, mentimun dan labu, memiliki kandungan natrium kurang dari 20 mg per porsi. Satu wortel ukuran sedang hanya mengandung 25 mg natrium, sementara setengah cangkir brokoli yang telah dimasak mengandung 20 mg.

  • Kacang-kacangan

Kacang tanpa garam merupakan pilihan makanan ringan yang sangat baik karena tidak mengandung natrium sama sekali.

  • Yoghurt

Yoghurt sangat rendah sodium. Disarankan untuk memilih yoghurt plain dan menghindari pilihan rasa karena mengandung tambahan gula. Yoghurt plain tidak harus hambar. Anda bisa menambahkan beberapa buah-buahan segar ke dalamnya.

  • Biji-bijian

Selain rendah natrium, biji-bijian seperti gandum juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Popcorn yang dimasak sendiri dengan hanya menggunakan sedikit minyak zaitun juga merupakan makanan rendah natrium yang bisa dijadikan camilan.

Terlalu banyak natrium dari makanan sangat tidak sehat bagi orang-orang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi, atau yang telah menderita serangan jantung. Mengurangi natrium dari diet bisa dilakukan dengan mulai mengurangi asupan garam meja tambahan saat memasak atau makan. Hindari sup kalengan dan makanan kalengan makanan, dengan lebih menekankan konsumsi makanan segar.

Ketika memasak, gunakan juga bahan-bahan yang rendah natrium. Anda bisa menggunakan minyak nabati (kanola, zaitun, kacang, atau wijen), margarin tawar tanpa lemak jenuh, herbal, rempah-rempah, bawang putih, bawang merah, paprika, lemon dan jahe untuk menambah citarasa makanan. Dengan sedikit kreativitas, mengurangi jumlah natrium dalam diet tidak sesulit yang dibayangkan.

Sumber gambar : tipsdietbagus.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY