Makanan Sehat Menjadi Pemikir Positif

SehatFresh.com – Kita selalu dianjurkan untuk berpikir positif agar lebih bijak dalam menghadapi hidup. Orang-orang yang berpikir positif memiliki pandangan hidup yang optimis yang juga akan berpengaruh pada kesehatan dan kesejahteraannya. Para peneliti telah menemukan manfaat luar biasa dari sikap optimis ketika kita berpikir positif. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa berpikir positif tidak hanya akan memengaruhi kondisi tubuh agar tetap sehat dan mengurangi stres, tapi juga berpengaruh pada kondisi seseorang secara keseluruhan dan diyakini dapat meningkatkan harapan hidup seseorang.

  • Memerangi depresi

Menjadi pesimis adalah salah satu faktor yang memicu depresi. Memperbaiki cara berpikir dengan mengubah suasana hati dan mental menjadi positif dapat membantu memerangi depresi. Bahkan, terapi kognitif (mengubah pola pikir untuk membantu meningkatkan suasana hati seseorang) telah menjadi bagian penting dalam pengobatan depresi.

  • Menguatkan imunitas

Pikiran memiliki efek yang kuat pada tubuh. Imunitas atau kekebalan tubuh Anda sangat dipengaruhi oleh pikiran dan tindakan. Orang-orang yang selalu berpikir positif dan optimis diteliti memiliki respon imun yang lebih kuat ketimbang mereka yang memiliki cara berpikir  negatif.

Berpikir positif diyakini dapat membantu mencegah flu dan penyakit lainnya. Studi tahun 2003 yang dilaporkan oleh New York Times menyebutkan bahwa berpikir negatif dapat menyebabkan area otak melemahkan respon kekebalan tubuh seseorang terhadap vaksin flu. Ini dikarenakan aktivitas listrik menjadi lebih besar di bagian otak yang melemahkan respon imun terhadap vaksinasi flu tersebut.

  • Mengatasi stres dan kesulitan

Berpikir positif memungkinkan Anda untuk mengatasi stres lebih efisien dan menurunkan dampak stres terhadap kesehatan. Carilah cara untuk menempatkan sisi positif pada setiap pikiran negatif. Ketika Anda kesulitan dalam mengerjakan suatu pekerjaan, katakanlah pada diri Anda bahwa Anda dapat menyelesaikannya dengan menggunakan pendekatan yang berbeda. Berolahraga setidaknya tiga kali seminggu dapat menghasilkan suasana hati yang positif, yang dapat membantu mengurangi stres.

  • Meningkatkan harapan hidup

Para peneliti di University of Pittsburgh School of Medicine telah menemukan bahwa wanita menopause berpikiran positif mengalami penurunan tingkat kematian dan lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes atau menderita hipertensi daripada rekan-rekan mereka yang cenderung berpikiran negatif. Para peneliti menganalisis data dari hampir 100.000 wanita dalam penelitian yang dilakukan didanai oleh National Institutes of Health. Hasilnya, wanita optimis yang berpikir secara positif 30 persen lebih rendah untuk meninggal karena penyakit jantung. Sementara, para wanita yang mengedepankan cara berpikir negatif 23 persen lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker.

Sumber gambar : id.wikihow.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY