Makanan Sehat Penunjang Stamina

SehatFresh.com – Tubuh membutuhkan energi yang besar untuk dapat mendukung aktivitas yang sangat padat setiap harinya. Aktivitas tidak akan bisa dijalani dengan maksimal jika Anda mengonsumsi makanan yang salah. Misalnya, ketika Anda memilih untuk mengonsumsi makanan cepat saji, Anda merasa kenyang namun sayangnya makanan tersebut miskin nutrisi. Bukannya merasa berenergi, tapi malah lemas dan mengantuk setelahnya.

Jika tubuh digambarkan sebagai mobil, maka makanan adalah bahan bakarnya. Agar mobil dapat berfungsi dengan performa terbaiknya, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah memberikan bahan bakar yang paling baik. Setiap makanan tidak selalu memberikan pada tingkat yang sama. Beberapa makanan dapat memberikan energi dengan cepat, sementara yang lain menyediakan energi yang konstan. Untuk meningkatkan stamina, pilihan bahan bakar yang tepat dapat membuat Anda tetap tidak cepat lelah ketika menjalani aktivitas.

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan padat energi yang menyediakan energi yang konstan selama berjam-jam. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang mana akan dicerna tubuh secara perlahan. Ini membuat gula darah pada tingkat yang stabil. Oatmeal banyak dipilih untuk menunjang ketahanan atlet yang bergantung pada stamina mereka. Semangkuk oatmeal di pagi hari akan membuat Anda merasa berenergi menjalani hari Anda.

  • Makanan sumber protein hewani

Daging, ikan, ayam dan telur mengandung banyak protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh, pembentukan massa otot serta perbaikan sel. Daging akan lama dicerna oleh tubuh, sehingga bisa membuat perut kenyang lebih lama dan berenergi.

  • Kacang-kacangan

Makanan sejenis kacang-kacangan ampuh untuk meningkatkan stamina karena mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi digunakan oleh tubuh untuk membuat sel-sel darah merah, yang membawa oksigen ke otot yang bekerja. Kacang juga tinggi protein, yang memperlambat pencernaan karbohidrat dan menyediakan pelepasan energi berkelanjutan.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat penting untuk membangun stamina dan menjaga kadar sel darah merah dalam tubuh. Sayuran hijau juga tinggi akan kandungan serat yang membuatnya lambat untuk dicerna, sehingga bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  • Secangkir kopi

Secangkir kopi sebelum latihan akan memiliki efek yang nyata pada stamina karena kandungan kafeinnya. Kafein telah diketahui dapat meningkatkan ketahanan terhadap kelelahan. Dr John A. Hawley menuliskan dalam artikelnya yang diterbitkan dalam “The Doctor dan Sports Medicine Journal”, bahwa kafein juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak pada tubuh.

Sumber gambar : tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY