Makanan Sehat untuk Anak Terhindar dari Asma

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anak–anak memiliki daya tahan tubuh yang masih sangat rentan bahkan tidak stabil, inilah yang menyebabkan anak-anak sering mengalami gangguan kesehatan. Terlebih lagi jika paparan alergi atau virus tertentu akan membuat anak semakin rentan. Sebagai orang tua tentu saja akan melakukan berbagai upaya agar anak tetap sehat dan juga memiliki tumbuh kembang yang baik. Tumbuh kembang yang baik tersebut hanya dapat diperoleh ketika anak dalam kondisi sehat dan aktif.

Berbagai upaya pencegahan terhadap faktor internal maupun eksternal yang dapat memberi pengaruh pada kesehatan anak diantaranya seperti imunisasi, pemberian multivitamin secara rutin dan mengendalikan faktor lingkungan disekitarnya. Tetapi yang tidak kalah penting dan layak menjadi perhatian adalah pola hidup sehatnya dimulai dari makanan. Memberikan makanan yang sehat untuk anak demi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sekaligus menjaga daya tahan tubuhnya dari berbagai penyakit.

Makanan di setiap jenisnya memiliki kandungan dan manfaat masing-masing bagi tubuh anak, inilah alasan harus lebih teliti dalam memilih makanan untuk anak. Memilih makanan alami seperti buah dan sayur menjadi alternatif terbaik dalam rangka menjaga kesehatan anak. Salah satu penyakit rentan yang sering dialami anak adalah Asma. Gangguan pernafasan ini akan sangat menggangu aktivitas anak dan juga tumbuh kembangnya. Beberapa pengobatan terkait penyakit ini mengharuskan anak tersebut meminum obat secara rutin bahkan continue.  Karena itu sebelum anak-anak terkena asma sebaiknya dilakukan pencegahan.

Berbagai upaya pencegahan ini dapat dilakukan sejak dini dengan cara yang sederhana, yakni dengan mengelola pola makan anak dengan sehat. Pilihan makanan sehat tersebut harus sangat diperhatikan, diantaranya melihat dari kegunaan kandungan dalam setiap makanan tersebut. Terdapat beberapa makanan yang telah terbukti dapat mencegah resiko terjangkit asma pada anak diantaranya:

  • Alpukat. Memiliki kandungan yang sangat bermanfaat, berupa L-glutathione yang sering di sebut zat anti asma. Zat ini yang menjadi detoksifikasi bagi tubuh kita.
  • Apel. Kandungan apel berupa Quersetin, mampu menurunkan resiko asma sampai dengan 50%.
  • Kiwi. Mengkonsumsi kiwi secara rutin pada anak akan menjadi perisai dari segala gangguan pernafasan termasuk salah satu nya asma. Kandungan vitamin C nya yang tinggi menjadikannya formula aktif untuk daya tahan tubuh yang kuat
  • Tomat. Kandungan lycopene pada tomat menjadi salah satu sumber antioksidan yang mampu melindungi organ pernafasan secara menyeluruh.
  • Pisang. Pisang mampu menghindarkan resiko asma terjadi pada anak-anak, dengan mengandalkan kandungan vitamin B6 nya yang menjaga bronkus tetap rilex sehingga terhindar dari bahaya asma
  • Blewah. Memiliki  kandungan antioksidant tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh memungkinkan blewah menjadi buah berkhasiat menurunkan resiko asma.

Buah-buahan merupakan formula khusus dan alami untuk dapat mencegah resiko asma pada anak-anak. Tetapi masalahnya seperti yang bunda ketahui bahwa anak-anak memiliki selera makan buah yang kurang tinggi. Jangan khawatir jika itu menjadi kendala, banyak jalan menuju roma bukan? Banyak cara menyajikan buah tanpa merubah kandungannya, di kemas sebagai salad, jus, selai, dan lainnya. Tergantung mana yang menjadi kesukaan si kecil, yang paling penting adalah dapat menghindari resiko asma dengan cara yang alami, karena kesehatan buah hati adalah yang terpenting untuk setiap orang tua. (WDA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY