Makanan Sehat untuk Bersepeda

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bersepeda adalah olahraga yang banya digemari banyak oranng, namun tahukan Anda jika ada beberapa makanan yang perlu kamu makan setelah kalian bersepeda dan mengalami kelelahan?

Sebenarnya lelah merupakan fenomena biasa dan bisa pulih sendiri dengan beristirahat. Tapi cepat tidaknya bergantung stamina seseorang. Namun ada beberapa makanan yang punya manfaat mempercepat pemulihan tenaga dan mengurangi rasa nyeri karena kelelahan.

Para peneliti di University of Hull, Inggris menemukan fakta bahwa siapa saja yang makan makanan dengan kadar kadar glycemic index(GI) tertentu dapat mendorong kinerja seseorang. Glycemic Index (GI) adalah skala karbohidrat yang berpengaruh pada kadar gula darah. Index ini berdasarkan pada karbohidrat yang masuk tidaklah sama dengan kadar gula yang dihasilkan.

Mengkonsumsi semua jenis makanan dan minuman yang terbuat dari coklat diyakini bemanfaat memulihkan rasa capek setelah olahraga atau bekerja keras. Selain coklat ada beberapa makanan lain yang bisa Anda konsumsi sebagai obat alami meredakan capek dan memulihkan stamina selama bersepeda, makanan tersebut antara lain:

  • Semangka. Semangka mengandung banyak air, bermanfaat mengembalikan cairan tubuh dan mengembalikan kesegaran. Kandungan Asam Amino L. Sitrulin. Senyawa ini berperan mengurai dan melemahkan asam laktat yang menumpuk pada otot yang kaku dan capek pegal.
  • Alpukat. Buah ini merupakan makanan sumber energy alternatif. Kandungan proteinnya cukup ampuh melancarkan metabolisme tubuh.
  • Coklat hangat. Minum segelas coklat hangat setelah beraktivitas berat diyakini mampu mempercepat pemulihan capek. Coklat mengandung karbohidrat yang berfungsi mengembalikan cadangan energy yang terkuras. Serta mengandung zat gula yang lebih cepat diserap oleh tubuh.
  • Brokoli. Kandungan vitamin B pada brokoli bermanfaat merangsang otak mengeluarkan hormon serotonin sehingga membuat perasaan jadi tenang. Brokoli juga mengandung senyawa antioksidan, menangkal radikal bebas dan sebagai agen anti virus saat kondisi tubuh sedang drop.
  • Kurma. Zat gula pada kurma matang cukup tinggi. Bermanfaat mengembalikan energi yang hilang setelah beraktifitas berat. Maka dari itu buah dari Persia ini kerap dijadikan sebagai makanan pembuka saat santap buka puasa.
  • Buah-buahan seperti jeruk dan apel. Makanan yang mengandung GI rendah memberikan keuntungan karena pembakaran dilakukan lebih efektif. Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah-buah ini sebelum melakukan aktivitas bersepeda. Buah-buahan ini mengandung kadar GI sebanyak 40 dan bisa dijadikan camilan Anda sebelum bersepeda.
  • Ikan. Makan ikan teratur dapat menjaga jumlah zat Tiamin pada tubuh. Itu adalah zat vitamin B, agar mengatur jalur metabolisme tubuh selama bersepeda.
  • Telur. Bagaimanapun telur itu diolah, bisa digoreng atau direbus. Telur memiliki zat Riboflavin. Zat ini bis digunakan untuk memecahkan karbohidrat sehingga kebutuhan energi selama latihan dapat terus terjaga.
  • Pisang. Buah pisang paling banyak mengandung vitamin B6. Salah satunya mencegah penyakit prostat. Manfaat vitamin B6 adalah merubah zat karbohidrat juga. Bila dimakan ketika malam hari akan menjadi glukosa dan menjaga energi pada tubuh, plus kadar gula darah menjadi normal.
  • Yogurt. Yogurt dan turunannya seperti Susu mengandung Asam Amino Leusin. Zat Leusin adalah kunci untuk membangun otot baru pada tubuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY