Makanan Sehat Untuk Gigi Kuat

SehatFresh.com – Setiap orang tentunya menginginkan gigi yang sehat dan kuat. Sayangnya, tidak setiap orang mampu mewujudkan hal ini. Saat ini, tidak jarang banyak orang yang memiliki gigi rapuh dan mudah berlubang. Hal ini utamanya disebabkan akibat mengonsumsi makanan-makanan yang bisa merusak kesehatan gigi serta praktek kebersihan gigi yang buruk.

Untuk mendapat gigi dan gusi yang kuat serta sehat, perawatan dari luar seperti rajin menggosok gigi, melakukan flossing dan berkumur dengan mouthwash ternyata tidaklah cukup. Anda juga membutuhkan perawatan dari dalam tubuh dengan memerhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang kesehatan dan kekuatan gigi Anda.

Berikut adalah beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan gigi serta membuatnya semakin sehat dan kuat:

  • Teh hitam dan teh hijau
    Teh hitam dan teh hijau mengandung antioksidan polyphenol yang dapat mencegah munculnya plak pada gigi, serta mengurangi risiko gigi berlubang dan radang gusi. Polyphenol dipercaya dapat menekan pertumbuhan bakteri pembentuk plak gigi sehingga dapat mencegah masalah gigi berlubang dan gusi. Kandungan fluoride pada teh juga dapat memperkuat gigi. Menurut penelitian, membiarkan teh dalam mulut selama dua hingga lima menit diyakini dapat meningkatkan kapasitas antioksidan dalam air liur. Namun, sebaiknya teh dikonsumsi tanpa diberi tambahan gula.
  • Buah-buahan
    Buah-buahan, seperti apel, jeruk, stroberi, kiwi, dan buah lain yang yang kaya akan kandungan vitamin C juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi serta mencegah peradangan gusi. Kekurangan vitamin C menyebabkan kurangnya pembentukan jaringan kolagen di mulut, terutama pada gusi serta menurunkan respons sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada gusi dan plak semakin mudah terbentuk.
  • Makanan hewani
    Daging sapi, ayam, dan telur adalah contoh makanan hewani yang baik untuk menjaga kekuatan gigi. Kandungan kalsium dan fosfor di dalam makanan tersebut dibutuhkan untuk proses remineralisasi gigi, di mana mineral disimpan akan kembali dalam enamel gigi yang sebelumnya hilang karena asam.
  • Air putih
    Air memberi banyak manfaat bagi tubuh. Dalam hal ini, air berperan dalam kelancaran produksi saliva (air ludah) di dalam mulut. Air liur berperan penting dalam membantu kinerja mulut ketika mengunyah makanan serta membersihkan sisa makanan dari karbohidrat di dalam mulut sehingga mengurangi waktu bakteri untuk membentuk plak pada gigi. Maka dari itu, konsumsi air putih yang cukup setiap hari sangat berperan untuk menjaga kesehatan gigi Anda.
  • Susu dan yoghurt
    Susu dan yoghurt yang tidak ditambah gula juga merupakan pilihan yang baik untuk kesehatan gigi. Selain mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, susu dan yoghurt juga memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga dapat meminimalisir risiko terjadinya erosi pada gigi.
  • Jamur shiitake
    Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Caries Research, jamur shiitake termasuk salah satu makanan yang baik untuk menghambat pembentukan plak gigi dan mencegah radang gusi. Dalam jamur shiitake, zat-zat yang diduga berperan untuk menunjang kesehatan gigi adalah lentinan, lenthionine dan turunan disulfida.

Sumber gambar : panduanhidupsehat.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY