Makanan Sehat Untuk Penderita Hipertensi

SehatFresh.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi yang mengakibatkan darah mengalir melalui pembuluh arteri melebihi tekanan normal. Hipertensi telah disebut-sebut sebagai akar dari timbulnya berbagai penyakit. Jika tidak segera diatasi dan kondisinya semakin parah maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan seperti penyakit jantung atau stroke. Pada dasarnya tekanan darah tinggi disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, faktor genetik dan faktor usia.

Berkaitan dengan gaya hidup sehat, makanan menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Makanan yang memiliki kandungan lemak cukup tinggi bisa memicu tekanan darah tinggi. Maka dari itu, pola makan merupakan salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan. Konsumsi makanan yang tepat dapat membantu Anda menjaga tekanan darah tetap pada tingkat normal. Apa saja makanan yang baik bagi penderita hipertensi?

  1. Buah-buahan
    Konsumsi pisang secara rutin sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit stroke dan jantung. Pisang memiliki kandungan nutrisi seperti selenium yang berperan dalam menjaga kesehatan tubuh dan menjaga kadar gula dalam darah. Buah memiliki kandungan nutrisi lengkat dan tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Konsumsi buah-buahan secara rutin dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah dan menekan risiko penyakit jantung. Alpukat, tomat, mengkudu dan zaitun adalah contoh beberapa buah yang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah.
  2. Brokoli
    Brokoli merupakan sayuran yang memiliki kandungan beta karoten dan vitamin C yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Brokoli juga mengandung kromium yang berperan dalam kadar insulin dan gula dalam darah.
  3. Kentang
    Kentang merupakan makanan yang tinggi akan kandungan kalium yang berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium berperan penting dalam mengontrol dan mengatur keseimbangan tekanan darah. Selain itu, kandungan magnesium pada kentang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah stres, yang mana stres ini bisa menjadi pemicu hipertensi.
  4. Gandum
    Gandum telah dikenal sebagai sumber karbohidrat kompleks dengan kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi lain yang terdapat pada gandum yaitu selenium, vitamin B dan protein menjadikan gandum sangat baik untuk menjaga tekanan darah.
  5. Almond
    Konsumsi almond secara rutin diyakini bermanfaat dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam almond bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Mengonsumsi almond juga dapat membantu Anda menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah.
  6. Kacang mete
    Kacang mete merupakan makanna yang kaya akan kandungan nutrisi seperti kalium, serat, tembaga dan magnesium. Nutrisi-nutrisi tersebut berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang juga membantu Anda mencegah penyakit hipertensi.

Selain mengonsumsi makanan yang tepat, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Pola makan sehat juga perlu diimbangi dengan olahraga secara teratur dan hindari stres.

Sumber gambar : alwaysnutritionist.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY