Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar Produksi ASI Melimpah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi ibu menyusui memberikan ASI kepada anak merupakan suatu kewajiban. ASI yang diberikan tentunya harus kaya dengan nutrisi sehingga asupan makanan ibu menyusui juga harus dijaga. Baiknya kandungan nutrisi pada ASI diperlukan karena ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi khususnya bayi berumur nol sampai enam bulan yang belum diperbolehkan mengonsumsi makanan pendamping ASI.

Selama enam bulan menyusui, tak semua ibu dapat memberikan ASI dengan lancar. Ada beberapa ibu yang bermasalah karena tidak bisa memproduksi ASI dalam jumlah banyak. Jika itu terjadi, ibu tidak perlu khawatir, ada beberapa makanan yang jika anda konsumsi dapat membantu produksi ASI menjadi melimpah. Makanan-makanan yang dapat memperbaiki produksi ASI menjadi melimpah yaitu:

  1. Daun katuk

Sayur yang satu ini pasti sudah sangat populer ditelinga anda, yaitu daun katuk. Daun katuk sangat diandalkan oleh kalangan ibu menyusui karena dipercaya dapat memperlancar produksi ASI. Memang benar adanya daun katuk dapat membantu produksi ASI melimpah dengan kandungan protein daun katuk yang memang dibutuhkan oleh ibu yang menyusui. Tetapi sayangnya daun katuk ini sudah mulai susah ditemukan, hanya sedikit yang menjual di pasaran.

  1. Bayam

Jika anda kesulitan mencari daun katuk, bayam bisa anda jadikan alternatif untuk membuat ASI melimpah. Bayam merupakan sayuran yang sangat mudah ditemukan dimana saja. Selain itu kandungan bayam yang berperan dalam produksi ASI dan juga baik untuk bayi sangat banyak. Kandungan tersebut meliputi zat besi, vitamin B6, vitamin A,C,E,K, protein, serta berbagai mineral seperti riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium, thiamin, kalium dan fosfor.

  1. Pohon pepaya

Pohon pepaya dari daun, buah dan bunganya dapat anda ambil manfaatnya untuk ibu menyusui. Jika anda mengonsumsi daun atau bunga pepaya dan bauahnya banyak sekali yang bisa anda dapatkan. Dari ketiga bagian tersebut terkandung vitamin A dan C, kalsium, asam folat dan juga enzim papain.

  1. Sayur merah

Sayur merah yang dapat digunakan untuk membantu produksi ASI yaitu sawi merah, bayam merah, bit, kankung merah, ubi jalar. Kandungan beta karoten pada sayuran tersebut baik untuk mata dan juga produksi ASI.

  1. Pare

Meski rasanya pahit, pare ini juga bagus untuk produksi ASI anda. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia liutein, dan kaya akan antioksidan.

  1. Nasi merah dan gandum

Untuk meningkatkan produksi ASI ibu juga membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Asupan karbohidrat yang baik bisa anda dapatkan dari nasi merah dan juga gandum. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here