Makanan Untuk Jantung Sehat

SehatFresh.com – Gaya hidup sehat merupakan kunci dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Nutrisi seimbang ialah salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Buah dan sayur merupakan makanan utama yang menyehatkan jantung. Nutrisi kompleks yang terkandung dalam ikan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan lainnya juga menawarkan manfaat luar bisa dalam menjaga kesehatan jantung.

  • Buah beri

Aneka buah beri kaya akan kandungan antioksidan. Blueberry, strawberry, dan goji mengandung antioksidan flavonoid yang dapat menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah sehingga mencegah penumpukan plak pada pembuluh darah.

  • Kedelai dan produk olahannya

Kedelai merupakan sumber asam lemak omega-3, vitamin, serat, dan protein. Tidak seperti protein dalam daging merah, protein dalam kedelai tidak mengandung kolesterol yang menyumbat pembuluh darah. Menurut penelitian dari University of Connecticut Health Center, protein dalam kedelai bisa sangat efektif menurunkan kolesterol bila disertai dengan pola makan rendah lemak.

  • Buah sitrus

Buah jeruk seperti jeruk dan grapefruit, memiliki antioksidan flavonoid yang tinggi. Buah sitrus juga mengandung vitamin C yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Sayuran berdaun hijau

Tingginya kadar asam amino yang disebut homosistein diduga berkontribusi terhadap pengemabangan penyakit jantung. Menurut penelitian dari University of Maryland Medical Center, orang yang memiliki tingkat homosistein yang tinggi menjadi 1,7 kali lebih mungkin menderita penyakit arteri koroner dan 2,5 kali lebih mungkin untuk mengembangkan stroke dibandingkan orang dengan tingkat homosistein yang sehat. Bayam yang kaya akan folat dapat menurunkan kadar homosistein dalam aliran darah. Sayuran hijau gelap lainnya seperti collard hijau dan kale juga merupakan sumber serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung.

  • Salmon

Salmon merupakan ikan berlemak yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Asam lemak ini membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan menurunkan tingkat trigliserida dalam aliran darah. Konsumsi ikan 3,5 ons per minggu direkomendasikan oleh American Heart Association sebagai bagian dari diet sehat.

  • Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber serat yang baik dan nutrisi lainnya yang berperan dalam mengatur tekanan darah juga kesehatan jantung. Roti gandum, sereal padat serat, dan beras merah yaitu beberapa contoh biji-bijian yang berkontribusi untuk kesehatan jantung.

  • Kacang-kacangan

Lemak sehat yang ditemukan dalam kacang-kacangan memberikan manfaat baik untuk kesehatan jantung. Kacang kenari, kacang mete, kacang pecan, dan kacang almond mengandung asam lemak omega-3, yang telah terbukti mengurangi risiko terjadinya pembekuan darah. Menurut Mayo Clinic, kacang-kacangan dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah sehingga fungsi jantung lebih terjaga.

  • Kentang dan ubi jalar

Kentang dan ubi jalar kaya akan kandungan kalium, serat, kalsium, dan vitamin B seperti B-6 dan asam folat. Semua nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam Journal of Biomedical Science menemukan bahwa flavonoid dalam kulit kentang (quercetin), memiliki sifat antiradang dan antioksidan.

  • Cokelat hitam

Sejumlah penelitian telah membenarkan bahwa cokelat hitam dapat membantu menjaga kesehatan. Penelitian tahun 2012 yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan bahwa mengonsumsi coklat hitam (yang mengandung setidaknya 60 sampai 70 persen kakao) membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke bagi orang-orang yang berisiko tinggi. Flavonoid dalam cokelat dengan kandungan kakao 70 persen memiliki sifat antiradang dan dapat menurunkan tekanan darah.

Sumber gambar : www.tropicanaslim.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY