Makanan untuk Melancarkan Sirkulasi Darah

SehatFresh.com – Seperti yang kita ketahui bahwa darah merupakan bagian terpenting dalam hidup kita, semua organ di tubuh tidak akan berfungi dengan semestinya apabila tidak di aliri oleh darah, maka dari itu diperlukan sirkulasi darah yang lancar. Seseorang yang sirkulasi darahnya tidak lancar, biasanya memiliki gejala atau tanda seperti denyut jantung tidak teratur, tangan dan kaki terasa dingin, sesak napas, dan juga kurang bersemangat.

Dengan demikian diperlukan berbagai asupan makanan untuk menstabilkan bahkan menambah darah. Berikut makanan yang berpengaruh dalam mealancarkan sirkulasi darah.

  • Bawang putih

Makanan yang pertama yaitu bawang putih. Selain berguna sebagai bumbu dapur, bawang putih juga berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan bawang putih dapat membantu merenggangkan pembuluh darah serta dapat meningkatkan produksi hidrogen sulfida. Bawang putih juga bermanfaat untuk mengatasi kolesterol jahat serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Buah jeruk

Makanan untuk melancarkan sirkulasi darah berikutnya ialah jeruk. Buah yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Buah jeruk merupakan salah satu buah paling populer yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang segar, buah jeruk juga kaya akan vitamin C yang mampu mencegah penggumpalan darah serta membantu untuk memperkuat dinding kapiler. Sama halnya dengan bawang putih, kandungan vitaminC pada buah jeruk juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan radikal bebas.

  • Cokelat hitam

Hampir setiap orang menyukai cokelat. Selain rasanya yang manis, cokelat juga bermafaat untuk menenangkan diri dan meningkatkan mood. Jika Anda penyuka cokelat, jangan lupa untuk mengonsumsi cokelat hitam. Meskipun rasanya sedikit pahit, akan tetapi jenis cokelat yang satu ini dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan. Hal ini dikarenakan cokelat hitam mengandung zat flavonoid. Salah satu fungsi flavonoid yaitu untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. Tak hanya itu saja, zat tersebut juga berguna untuk menurunkan kolesterol jahat serta dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

  • Aneka buah merah

Buah merah seperti semangka, apel merah, serta tomat dapat menambah darah dikarenakan buah merah kaya akan likopen yang berguna untuk melancarlan sirkulasi darah.

  • Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman obat keluarga yang sudah dipercaya sejak lama memiliki khasiat yang luar biasa dalam alternatif obat alami. Ternyata, salah satu manfaat jahe juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah pada tubuh.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga dapat menambah dan memperlancar sirkulasi darah. Seperti kacang hijau, kacang merah, dan kacang kedelai

  • Beras merah

Beras merah dapat membantu menurunkan kolesterol dan menghindari gangguan pencernaan. Beras merah juga dapat membantu meningkatkan kadar hemoghlobin dalam tubuh sehingga efektif untuk membantu mencegah anemia.

Makanan diatas merupakan makanan untuk menambah darah. Air juga dapat memperlancar asupan darah ke tubuh, cukup dengan 2 liter sehari. Terlihat sederhana akan tetapi khasiatnya yang tidak sederana.

Sumber gambar : www.kebunmanggis.web.id

1 COMMENT

LEAVE A REPLY