Makanan untuk Membantu Tidur Nyenyak

SehatFresh.com – Tubuh memerlukan tidur malam enam hingga delapan jam setiap harinya karena sangat berpengaruh pada tingkat energi untuk menunjang aktivitas di siang hari. Kurang tidur mengakibatkan kelelahan dan kurangnnya konsentrasi. Waktu tidur yang tidak tercukupi membuat tubuh kesulitan dalam menjalankan berbagai fungsi vitalnya. Entah begadang akibat pekerjaan atau memang karena insomnia, bagaimanapun kurang tidur sangat merugikan kesehatan. Jika Anda sering sulit tidur, cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan yang bisa merangsang rasa kantuk.

Makanan bisa menjadi pendukung yang kuat agar Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Secara spesifik, asupan protein yang memadai dapat membantu menstabilkan gula darah di malam hari dan memungkinkan hati untuk mengeluarkan molekul gula yang disimpan di tubuh yang diperlukan untuk tidur malam yang baik.

Berikut adalah beberapa daftar makanan yang dapat membantu Anda tertidur dengan nyenyak:

  • Susu

Segelas susu hangat sebelum tidur membantu Anda tidur lebih lelap. Susu tidak hanya baik untuk tulang. Kandungan kalsiumnya yang tinggi berperan dalam produksi melatonin. Melatonin adalah hormon yang membantu untuk mempertahankan siklus bangun-tidur Anda. Susu juga mengandung asam amino triptofan yang membantu merangsang rasa kantuk dan membuat tubuh lebih rileks.

  • Pisang

Percaya atau tidak, makan satu pisang ukuran sedang atau smoothie pisang dengan campuran susu satu atau dua jam sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Ini karena pisang mengandung kalium tinggi yang membantu mencegah kram kaki malam hari. Pisang juga mengandung magnesium yang membantu melemaskan otot dan saraf sehingga mempromosikan sirkulasi dan pencernaan yang sehat.

  • Kacang almond

Kacang almond mengandung magnesium dan dapat membantu memudahkan Anda untuk tidur. Kandungan protein di dalamnya juga membantu mempertahankan tingkat gula darah yang stabil saat tubuh sedang tertidur. Ngemil segenggam kacang almond sebelum tidur akan membawa perubahan pada kebiasaan tidur Anda.

  • Oatmeal

Oatmeal mengandung melatonin dan karbohidrat kompleks yang akan merangsang lebih banyak triptofan yang masuk ke otak untuk membantu tidur. Oatmeal  juga mengandung vitamin B6 yang membantu otak memproduksi lebih banyak serotonin agar mood lebih stabil dan tidur lebih lelap. Aneka kandungan mineral lainnya dalam oatmeal juga membantu merelaksasi otot-otot sehingga Anda lebih mudah tertidur di malam hari. Untuk meningkatkan kualitas tidur, cukup konsumsi oatmeal dalam porsi yang wajar.

  • Kale dan bayam

Kale tinggi kalium dan kalsium, keduanya memiliki sifat memicu rasa kantuk. Sayuran berdaun hijau lainnya seperti bayam juga membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat sindrom kaki gelisah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menambahkan kale atau bayam dalam menu makan malam Anda.

  • Salmon

Salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3, vitamin D, dan vitamin B-6. Ketiga nutrisi tersebut membantu mempromosikan kualitas tidur yang baik. Asam lemak omega-3 mengurangi lonjakan hormon stres yang bisa mengganggu tidur. Vitamin D mencegah datangnya gangguan tidur seperti sleep apnea dan narkolepsi. Terakhir, vitamin B-6 berpersan sebagai preskusor melatonin.

  • Teh hijau

Teh hijau mengandung teanin yang membantu merangsang rasa kantuk. Teh mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk tertidur dan meningkatkan durasi tidur total. Teh hijau dalam hal ini ialah teh hijau tanpa kafein.

  • Madu

Rasa manis pada madu juga membantu merangsang rasa kantuk. Glukosa pada madu menghasilkan insulin yang membantu triptofan lebih mudah masuk ke otak. Satu sendok makan madu sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih lelap.

  • Ceri

Ceri adalah buah yang secara alami memiliki kandungan melatonin. Makan ceri satu jam sebelum tidur akan membantu Anda tertidur lebih lelap.

Sumber gambar : blog.estetiderma.co.id

SHARE
Previous articleAnoreksia Remaja
Next articleMencegah Bau Badan

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY