Makanan untuk Memperlancar Menstruasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menstruasi merupakan peristiwa pendarahan normal yang dialami oleh wanita setiap bulannya. Hal tersebut terjadi karena sel telur yang tidak dibuahi. Pada saat menstruasi, darah keluar disebabkan oleh peluruhan lapisan rahim.

Normalnya, siklus menstruasi pada wanita berkisar antara 21 hingga 35 hari. Namun beberapa wanita sering mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Banyak hal yang mempengaruhi siklus menstruasi yang tidak teratur tersebut di antaranya adalah stress, berat badan dan faktor makanan. Wanita yang mengalami menstruasi yang tidak lancar sering merasa was- was. Apabila Anda juga merupakan salah satu wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dapat melancarakan siklus menstruasi sebelum, selama dan sesudah. Berikut di bawah ini adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk mendapatkan siklus menstruasi yang teratur:

  1. Buah pepaya

Selama ini kita mengenal buah ini sebagai buah yang bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Namun tahukah Anda ternyata pepaya juga berkhasiat untuk melancarkan menstruasi? Buah pepaya tinggi akan serat dan vitamin yang berperan untuk merangsang sel telur yang terdapat di rahim agar segera luruh sehingga terjadi menstruasi.

Anda dapat mengonsumsi buah pepaya secara langsung maupun dibuat jus. Minumlah secara rutin seminggu sebelum jadwal menstruasi Anda.

  1. Wortel

Wortel biasanya diolah bersama sayuran yang lain untuk mendapatkan masakan yang lezat dan nikmat. Sayuran ini selain bermanfaat bagi kesehatan mata juga sangat berkhasiat untuk memperlancar siklus menstruasi Anda karena wortel mengandung vitamin A dan serat yang baik untuk siklus mestruasi yang tidak lancar.

  1. Bayam

Jika buah pepaya dan wortel baik untuk dikonsumsi sebelum menstruasi agar dapat memperlancar siklus menstruasi Anda, maka mengonsumsi bayam sangat dianjurkan sebelum menstruasi dan saat Anda sedang menstruasi. Bayam mengandung zat besi yang baik untuk memperlancar siklus menstruasi.

  1. Kuning telur

Kuning telur adalah makanan yang juga dianjurkan bagi Anda saat menstruasi karena telur mengandung banyak protein untuk menjaga keseimbangan tubuh agar tidak mudah lelah selama menstruasi. Tentunya hal tersebut sangat diharapkan oleh wanita dengan tingkat aktifitas tinggi.

  1. Tomat

Setelah menstruasi, tidak lantas Anda melupakan untuk mengonsumsi makanan sehat. Apalagi setelah menstruasi, banyak darah yang keluar. Anda bisa mengonsumsi tomat sebagai makanan penambah darah. Tomat bisa Anda konsumsi sebagai jus atau diolah bersama sayuran lain menjadi sup dan lain sebagainya.

Agar siklus menstruasi lancar, Anda juga sangat disarankan untuk melakukan pola hidup sehat dengan berolahraga teratur, menghindari makanan yang tidak sehat seperti junk food atau gorengan serta perbanyak minum air putih setiap hari. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here