Makanan untuk Mendetoksifikasi atau Pembuangan Racun Dalam Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Proses pembuangan racun dari dalam tubuh atau sering disebut dengan proses detoksifikasi adalah sebuah proses yang penting dilakukan. Proses ini bermanfaat positif untuk tubuh karena dengan detoksifikasi ini tubuh akan mengalami proses pembersihan secara alami. Proses pengeluaran racun dalam tubuh merupakan sebuah proses yang sangat penting dilakukan. Mengingat sekarang ini polusi ada dimana-mana dan sudah merajalela dengan adanya berbagai pabrik dan kendaraan semakin pesat. Dengan melakukan proses detoksifikasi ini, maka racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluarkan dan tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Pada umumnya, proses detokfisikasi dapat dilakukan secaa alami oleh tubuh melalui mekanisme yang sudah ada. Tetapi, hasil dari proses detoksifikasi satu orang dengan yang lainnya akan memiliki dampak yang berbeda sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing.

Setelah dilakukan detoksifikasi, umumnya tubuh akan mengalami tanda-tanda tertentu sebagai akibat dari pembersihan toxin dari dalam tubuh dengan jumlah yang besar. Tidak semua orang yang melakukan detoksifikasi akan mengalami efek dari detoksifikasi secara keseluruhan, ini dikarenakan setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda-beda sehingga tanda atau efek yang munculpun juga akan berbeda setiap orang.

Perbedaan ini akan bergantung pada seberapa banyak jumlah racun dalam tubuh serta daya sensitifitas tubuh terhadap perubahan. Tanda-tanda yang muncul dari proses detoksifikasi antara lain adalah pusing, gejala flu, diare, sembelit sampai dengan gatal-gatal. Kondisi seperti itu hanya akan terjadi selama sekitar 1-3 hari saja.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh. Jenis makanan ini dapat dengan mudah ditemukan sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Jenis makanan tersebut adalah:

  1. Lemon

Selain rasanya yang enak dan segar, lemon juga dapat digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh secara alami. Lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan sangat kuat untuk menangkal segala jenis radikal bebas. Selain itu, lemon juga membantu meningkatkan kinerja hati melalui proses pembersihan hati. Mengkonsumsi lemon bisa dengan cara di buat jus atau diperas airnya hingga menjadi air lemon pada waktu pagi hari. Lemon juga akan memberikan sensasi relaks dan nyaman sehingga tubuh akan menjadi lebih segar.

  1. Apel

Banyak orang yang suka dengan buah yang satu ini. Di dalam apel, terdapat kandungan buah pectin yang sangat baik untuk membersihkan zat metal di dalam tubuh. Apel juga memiliki khasiat lainnya seperti merawat kesehatan kulit, sariawan usus dan mengobati peradangan dalam usus.

  1. Bawang Putih

Banyak yang bertanya-tanya bagaimana rasanya mengkonsumsi bawang putih secara mentah langsung dan tidak dimasak. Mungkin benar rasanya akan sangat aneh dan dapat membuat bau mulut menyengat. Walaupun demikian, di dalam bawang putih ini terkandung zat yang mampu memproduksi enzim yang dapat membantu pengeluaran racun dalam tubuh dengan lebih cepat. Anda dapat menyertakan bawang putih dengan mencampurkannya di dalam makanan sebagai bumbu masakan yang lebih banyak daripada biasanya.

  1. Teh Hijau

Teh memang sangat baik digunakan sebagai salah satu cara untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh terutama teh hijau. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin pada saat pagi dan sore hari, akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang berbagai jenis penyakit. Hal ini disebabkan karena di dalam teh hijau terdapat kandungan flavonoid dan juga cathecin yang akan meningkatkan kinerja fungsi hati dan meningkatkan proses detoksifikasi alami oleh tubuh.

  1. Seledri

Seledri memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk membersihkan darah, membersihkan kandungan ciri ciri asam urat yang ada di dalam persendian dan juga menstimulasi kinerja kelenjar tiroid yang letaknya ada di bawah otak. Anda bisa membuat jus seledri atau makanan dengan seledri yang cukup banyak.

  1. Bawang Merah

Tidak hanya dijadikan sebagai bumbu masak saja, bawang merah juga menjadi salah satu makanan terbaik yang bisa dilakukan untuk melakukan detoksifikasi secara alami. Bawang merah ini jika dipotong dalam keadaan mentah akan menghasilkan zat yang bisa mengeluarkan air mata dimana air mata ini akan mengeluarkan berbagai jenis toksin dan racun di dalam tubuh. Selain itu bawang merah juga bisa merawat kulit dan juga membersihkan usus sehingga pencernaan akan menjadi lebih lancar lagi.

  1. Jahe

Salah satu jenis rempah yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi banyak orang karena sering digunakan sebagai bumbu terutama untuk membuat makanan dan minuman yang fungsinya untuk menghangatkan tubuh. Jahe juga mengandung zat yang mampu meluruhkan racun dan radikal bebas di dalam tubuh. Anda dapat menggunakan jahe dengan mencampurkannya dengan teh agar khasiatnya menjadi dua kali lipat. Atau Anda juga dapat membuat sup jahe yang mampu menghangatkan badan dan juga untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

  1. Nanas

Buah nanas mengandung vitamin C paling tinggi dan juga mengandung enzim bromealin yang sangat berfungsi sebagai penetralisir racun dan kotoran yang ada di dalam usus. Dengan mengkonsumsi buah nanas secara teratur, Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit serta mendapatkan organ pencernaan yang makin sehat.

  1. Air Putih

Mengkonsumsi air putih secukupnya sangatlah penting bagi tubuh karena bisa dibilang bahwa air putih merupakan obat alami bagi semua penyakit yang ada di dalam tubuh. Air putih akan efektif membersihkan tubuh dengan cepat dan optimal.

  1. Buah Pir

Buah pir mengandung mineral dan gluthatione yang sangat baik untuk kesehatan organ hati dan menghilangkan racun dari hati. Dengan rutin mengkonsumsi buah pir akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Selain itu buah pir juga mengandung air tinggi sehingga cocok digunakan sebagai pelepas dahaga jika dibuat menjadi jus.

  1. Yogurt

Yoghurt juga bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena di dalam yogurt terdapat serat yang sangat tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan. Jika pencernaan lancar maka berbagai kotoran dan racun di dalam perut juga dapat langsung keluar dari dalam tubuh. (SFK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here