Makanan untuk Meningkatkan Kadar Tensi Darah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda kerap mengalami pusing, letih, dan lesu? Mungkin, ini karena tekanan darah Anda rendah. Jika demikian, Anda harus menaikkan tensi darah. Caranya bisa melalui asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normalnya. Kondisi ini disebut dengan tekanan darah rendah. Tekanan darah yang normal adalah antara 90/60 dan 140/90. Penderita hipotensi adalah yang bertekanan darah di bawah 90/60. Apabila keluhan disertai dengan pusing berputar, penglihatan berkunang-kunang, penuranan konsentrasi, pucat, keringat dingin, nyeri dada hingga pingsan, Anda harus ekstra waspada.

Penyakit darah rendah yang dibiarkan terlalu lama akan mengganggu aktivitas dan menyebabkan penyakit lain menyerang tubuh. Maka, bila ingin menaikkan kadar tensi darah, asupan berikut ini patut dicoba:

  • Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan, seperti buncis, kacang hijau, kacang merah dan lainnya merupakan makanan untuk tekanan darah rendah yang sehat untuk dikonsumsi setiap harinya. Kacang-kacangan tersebut akan membantu menaikkan tekanan darah rendah Anda dengan lebih cepat.

  • Daging ayam

Daging ayam tergolong dalam makanan untuk tekanan darah rendah karena mampu meningkatkan pembentukan sel darah merah. Tapi sebelum mengonsumsinya, buanglah terlebih dahulu bagian lemaknya agar terhindar dari penyakit kolesterol.

  • Gandum dan sereal

Makanan yang terbuat dari bahan dasar gandum dan juga sereal bisa dijadikan menu makanan untuk tekanan darah rendah. Hal ini karena zat besi yang terkandung di dalam gandum dan sereal akan membantu memperbanyak produksi sel darah merah yang ada di dalam tubuh.

  • Bayam

Bayam menjadi salah satu sayuran untuk tekanan darah rendah yang sehat karena di dalamnya terkandung kalium cukup tinggi. Selain kalium, bayam juga mengandung asam folat dan sodium. Semua nutrisi yang ada di dalam bayam tersebut akan membuat peredaran darah di dalam tubuh menjadi semakin lancar. Bayam juga bisa merangsang pembentukan sel darah merah menjadi lebih banyak.

  • Lemak nabati

Makanan untuk tekanan darah rendah yang mengandung lemak nabati akan lebih baik dibandingkan dengan makanan yang mengandung lemak hewani. Hal ini karena lemak nabati lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, lemak nabati juga tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Air mineral

Tak hanya makanan, air mineral yang Anda konsumsi dalam jumlah yang cukup, yaitu minimal delapan gelas per hari, akan membantu menghindarkan Anda dari kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Kekurangan cairan dalam tubuh juga mempengaruhi tekanan darah.Semakin sedikit cairan dalam tubuh, makin sedikit juga produksi sel darah merah di dalam tubuh.

  • Garam

Penderita tekanan darah rendah sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Garam akan membantu pembentukan sel darah merah sehingga tekanan darah Anda pun akan meningkat. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here