Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Tulang

SehatFresh.com – Tulang terdiri dari jaringan protein yang kompleks seperti kolagen serta mineral seperti kalsium dan fosfor. Tubuh memerlukan berbagai vitamin dan mineral lainnya untuk mendorong pertumbuhan, kepadatan dan pengembangan tulang yang optimal. Meski tulang tidak bisa benar-benar tumbuh setelah mencapai usia dewasa, pola makan seimbang dapat menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan dan kepadatan tulang. Maka dari itu, asupan nutrisi sangat penting untuk diperhatikan.

Makanan dengan kandungan mineral

Kalsium, magnesium dan fosfor adalah mineral utama yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan tulang kuat dan sehat. Produk susu seperti susu, yoghurt dan keju mengandung ketiga mineral ini. Anda juga mendapatkan kalsium dari brokoli, sayuran berdaun hijau gelap, tahu dan kacang kering. Fosfor ditemukan dalam daging, unggas, makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian, kentang dan jagung. Sedangkan magnesium dapat diperoleh dari tahu, kacang tanah, kacang mete, almond, biji-bijian, daging sapi dan ayam.

Selian itu, tubuh juga membutuhkan mineral lainnya yang dibutuhkan dalam jumlah yang lebih kecil oleh tubuh untuk mendorong pertumbuhan tulang dan produksi kolagen tulang. Zinc, tembaga dan silikon adalah tiga dari mineral mineral tersebut. Zinc dapat diperoleh dari makanan kaya protein seperti daging sapi, ayam, makanan laut, kerang, kacang-kacangan, biji-bijian dan produk susu. Tembaga ditemukan dalam kerang, biji-bijian, biji-bijian, kacang-kacangan, kentang, sayuran berdaun hijau gelap dan buah prune. Sementara itu, gandum utuh dan sayuran berakar dapat menyediakan asupan silikon yang dibutuhkan tubuh.

Makanan sumber vitamin D dan K

Kepadatan tulang juga bergantung pada vitamin D untuk membantu mengatur penyerapan kalsium dan vitamin K untuk mendorong pembentukan protein tulang dan mengikat kalsium. Produk susu, makanan laut seperti salmon, tuna dan udang, hati dan telur dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak vitamin D selain dari sinar matahari pagi. Vitamin K berasal dari lobak, kale, bayam, brokoli, kembang kol, kubis, ikan, daging dan telur.

Makanan sumber vitamin C dan B-6

Mendapatkan asupan vitamin C dan B-6 yang cukup juga membantu mendorong perbaikan dan kepadatan tulang dengan mendorong pembentukan kolagen tulang dan memicu aktivitas sel tulang. Makanan yang kaya vitamin C termasuk buah jeruk, melon, stroberi, raspberry, tomat, paprika, kembang kol, brokoli dan kentang. Sedangkan, vitamin B-6 dapat diperoleh dari makanan laut, ayam, daging sapi, telur, kacang-kacangan, pisang, alpukat, semangka, kentang dan wortel.

Mempunyai tulang yang sehat berawal dari makanan sehat yang mengandung unsur gizi seimbang. Tulang merupakan penopang tubuh. Bila tulang tidak sehat, salah satu risikonya adalah tubuh menjadi lebih rentan osteoporosis, yang pada gilirannya berakibat pada fungsi tubuh menjadi tidak optimal dan berakibat tidak baik bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Sumber gambar : tipsbejo.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY