Makanan untuk Penderita Demam Chikungunya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Chikungunya adalah penyakit yang dtandai dengan demam mendadak, nyeri pada persendian terutama sendi lutut, pergelangan, jari kaki dan tangan serta tulang belakang yang disertai ruam pada kulit. Penyakit ini disebabkan oleh virus Chikungunya (CHIKV). Virus ini termasuk dalam keluarga Genus Alphavirus, Togaviridae dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti (yamuk yang juga menularkan penyakit demam berdarah).

Apa yang kita makan memainkan peran utama dalam memerangi penyakit, dan itu sama dalam kasus chikungunya. Terdapat beberapa makanan yang memiliki nutrisi baik bagi penderita chikungunya. Makanan yang dianjurkan yaitu sebagai berikut :

  • Sayuran berdaun. Sayuran adalah salah satu makanan terbaik di dunia. Mereka mudah dicerna dan sangat rendah kalori, kaya akan vitamin A yang melindungi tubuh kita dari kanker, dan memastikan pertumbuhan tulang. Sayuran berdaun juga mengandung vitamin C yang mencegah serangan dari radikal bebas dan melindungi tubuh kita dari arthritis. Memulihkan kesehatan Kita dan menjamin Kita jauh dari penyakit yang mengancam kehidupan seperti Chikungunya. Pastikan untuk menyertakan sayuran berdaun dalam menu makan kita.
  • Buah apel dan pisang. Ketika mencoba untuk pulih dari Chikungunya, disarankan untuk menjauhkan diri dari buah semangka dan jeruk. Sebagai ganti untuk vitamin A dan C bisa dengan buah apel dan pisang raja. Apel penuh serat yang membersihkan saluran pencernaan kita dan memastikan tingkat yang lebih rendah kolesterol. Pisang juga mengandung serat yang mencegah sembelit dan menjaga usus bersih.
  • Makanan yang kaya kandungan vitamin C dan E. Vitamin C membantu dalam penyembuhan luka, memungkinkan pembentukan otot, tulang, tendon, dan pembuluh darah lainnya. Vitamin E mempromosikan kesehatan yang baik, kulit mulus dan mencegah kanker, serangan jantung, penyakit Parkinson, dan rheumatoid arthritis. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin C dan E adalah jambu biji, paprika kuning, kiwi, brokoli, stroberi, tomat, kacang polong, dan lain-lain. Untuk vitamin E Kita harus makan lebih banyak buah, kacang-kacangan, buah-buahan tropis, gandum, minyak, dan brokoli.
  • Makanan yang banyak mengandung air. Makanan yang banyak mengandung air sangat baik untuk memulihkan tubuh dari chikungunya. Kategori ini sebagian besar sup dan masih banyak lagi. Makanan biasanya harus terbuat dari kacang-kacangan, daging atau ikan yang memberikan tubuh kita asupan protein yang diperlukan. Cobalah sup tomat karena mengandung antioksidan seperti lycopene yang mengurangi gejala kanker prostat.
  • Mengandung Omega-3. Asam lemak omega-3 didapat melalui makanan serta suplemen, namun disarankan untuk tetap memakan makanan yang dimasak manual. Hal Ini mengurangi pembekuan darah, memungkinkan otak untuk berfungsi dengan baik, meningkatkan memori, mengurangi kemungkinan stroke, dan juga gejala arthritis.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY