Makanan untuk Penderita Leukimia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Leukimia atau dikenal dengan kanker darah termasuk penyakit yang serius dan mematikan bagi penderitanya. Kebanyakan orang beranggapan bahwa penyakit ini tidak bisa disembuhkan, namun dengan ilmu pengobatan yang semakin berkembang pencegahan serta proses penangan penyakit ini dapat dilakukan.

Umumnya, pengobatan yang dilakukan dalam penyembuhan penderita leukimia dengan melakukan kemoterapi, radioterapi, dan pencakokan sumsum tulang belakang. Bagi Anda yang mengalami leukimia atau sedang dalam masa penyembuhan, akan lebih baik jika Anda mengatur pola dan asupan makanan yang Anda konsumsi untuk membantu pemulihan tubuh Anda. Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda akan sangat penting terlebih bagi penderita penyakit parah seperti leukimia.

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk penderita leukimia konsumsi:

  • Susu

Penurunan berat badan yang signifikan serta kondisi tubuh yang lemah selama dalam proses pengobatan leukimia bisa Anda kembalikan dengan mengonsumsi susu. Kandungan gizi dan vitamin yang terdapat pada susu dapat mempercepat penambahan berat badan serta meningkatkan kondisi tubuh anda kembali normal.

  • Buah Buahan

Mengonsumsi buah-buahan efeknya memang tidak langsung terasa bagi tubuh penderita leukimia, namun kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat pada buah mampu menghambat proses mutasi dan kerusakan DNA yang lebih parah serta dapat menghentikan pertumbuhan kanker atau leukimia. Selain itu, kandungan kalium pada buah seperti pisang dapat mengurangi resiko leukimia dan dapat membantu proses penyembuhan lebih cepat. Pilihlah buah-buahan yang kaya akan Vitamin C dan antioksidan seperti pisang, pepaya, jeruk, dan jenis buah lainnya.

  • Ikan Salmon dan Tuna

Dengan kandungan zat Omega-3 yang terdapat dalam ikan salmon dan tuna, diketahui dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker. Karenanya, mengonsumsi ikan ini disarankan bagi penderita leukimia yang masih dalam proses pemulihan.

  • Gandum

Setiap ½ gelas gandum setara dengan 10gr dari kebutuhan serat yang digunakan untuk menurunkan tingkat estrogen dalam tubuh. Para ahli berpendapat, bahwa tingkat estrogen yang tinggi dalam tubuh akan semakin merangsang pertumbuhan sel kanker. Konsumsi gandum bisa didapatkan dengan gandum berbentuk sereal, dan Anda bisa menyajikannya dengan segelas susu untuk dikonsumsi oleh penderita leukimia.

Setelah Anda mengetahui jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita leukimia, Anda juga perlu mengetahui makanan serta minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita leukimia. Berikut beberapa makanan yang penderita leukimia harus hindari:

  • Buah-buahan seperti nangka, durian, nanas, lengkeng, anggur. Beberapa buah ini mengandung zat yang dapat mendorong tumbuhnya sel kanker. Jadi, sebisa mungkin hindari jenis buah-buahan tersebut dari penderita leukimia.
  • Cabai. Cabai juga dapat mempengaruhi dan menurunkan jumlah oksigen dalam tubuh.
  • Sawi putih dan kangkung. Sawi putih dan kangkung juga memiliki dampak yang tidak baik bagi penderita yang tengah menjalani pengobatan, karena dapat mengurangi kinerja obat.
  • Tauge. Tauge juga memiliki dampak buruk bagi penderita kanker darah, karena zat yang ada di dalamnya dapat mendorong pertumbuhan sel kanker lebih cepat.
  • Semua makanan yang diawetkan dan di bakar.
  • Seafood. Makanan seafood seperti udang, kepiting, kerang, dan cumi-cumi juga harus dihindari karena mengandung lemak yang sangat tinggi.
  • Alkohol dan soda. Hindari beberapa minuman seperti es, softdrink, alkohol/bir juga memiliki dampak buruk bagi kelancaran peredaran darah.
  • Daging-dagingan. Daging-dagingan seperti daging kambing, kerbau, sapi dan babi juga perlu dihindari karena daging memfasilitasi pertumbuhan sel yang tidak normal.

Disarankan bagi Anda untuk selalu berkonsultasikan dengan dokter ahli untuk menanyakan makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita leukimia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY