Makanan untuk Peningkat Kadar Hemoglobin

SehatFresh.com – Darah yang mengalir dalam tubuh mempunyai kemampuan untuk dideteksi dengan bantuan citra. Fungsi utama dari darah, khususnya sel darah merah, yang dikenal sebagai eritrosit adalah mengangkut hemoglobin dan seterusnya mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan. Selain mengangkut hemoglobin, darah juga mempunyai fungsi lain.

Hemoglobin dalam darah manusia merupakan dapur asam-basa (seperti juga pada kebanyakan protein), sehingga hemoglobin bertanggung jawab untuk sebagian besar daya transportasi di seluruh darah.

Apabila kadar hemoglobin dalam tubuh kurang dari jumlah normal, maka sistem transportasi oksigen di seluruh tubuh juga akan mengalami masalah. Sedangkan oksigen merupakan bahan bakar penting pada metabolisme sel. Batas kadar hemoglobin pada setiap kelompok usia dengan satuan gram per desi liter (gdL) adalah:

  1. Anak 6 bulan-6 tahun 11,0
  2. Anak 6 tahun-14 tahun 12,0
  3. Pria dewasa 13,0
  4. Ibu hamil 11,0
  5. Wanita dewasa 12,0

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan kadar hemoglobin adalah karena keturunan, makanan dan obat-obatan. Faktor makanan menjadi faktor yang dapat kita cegah agar hemoglobin dalam batas normal. Atau mengobati jika seseorang mengalami penurunan hemoglobin. Berikut ini beberapa makanan yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin tubuh.

  1. Snack bar

Snack bar saat ini banyak terdapat di pasaran. Snack bar yang dapat digunakan untuk meningkatkan kadar hemoglobin tubuh adalah yang berbahan dasar kacang-kacangan. Pembuatan snack bar dengan penambahan ikan gabus merupakan pengembangan bahan dari produk makanan selingan tersebut. Kedua bahan tersebut dapat meningkatkan kadar hemoglobin.

  1. Wortel

Wortel mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan Hb (hemoglobin) dan limfosit seperti vitamin B1, C, zat besi (Fe), kalsium (Ca) dan protein. Sumber beta karoten adalah sayur-sayuran dan buah-buahan yang berwarna kuning-jingga seperti wortel dan tomat. Wortel mempunyai kandungan beta karoten yang tinggi. Kandungan beta karoten pada wortel rerata 12.000 IU. Para ahli menganjurkan 15.000-25.000 IU per hari.

  1. Daging

Daging dipercaya memiliki kandungan asam folat. Asam folat dan vitamin B yang merupakan sumber makanan dan memiliki peran penting dalam produksi hemoglobin dalam tubuh.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang baik. Namun, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi ketika dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium dan sodium.

Apabila makanan-makanan tersebut dapat dikelompokkan menurut sumber nutrisi, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah makanan yang kaya akan protein, zat besi, vitamin dan mineral dipercaya mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here