Makanan untuk Tetap Bugar

SehatFresh.com – Rutinitas yang padat seringkali mengurangi waktu tidur, menumpuk stres, dan membuat pola makan tidak teratur. Ditambah dengan jarang olahraga, kebugaran tubuh pun menjadi kurang terjaga. Masalah kebugaran telah menjadi isu besar di era modern ini. Hal ini diakibatkan gaya hidup yang tidak sehat. Gangguan kesehatan akibat gaya hidup seperti obesitas, hipertensi, dan diabetes semakin meningkat dari hari ke hari.

Salah satu faktor utama pendukung kebugaran tubuh adalah makanan. Jika tubuh digambarkan sebagai sebuah kendaran, maka makanan adalah bahan bakar yang menunjang performanya. Agar kendaraan dapat berfungsi denga baik, Anda harus menggunakan bahan bakar terbaik. Begitupun dengan tubuh, pilihan makanan yang baik dapat membuat Anda lebih bugar setiap harinya.

Kebugaran memang kerap identik dengan olahraga. Olahraga memang penting dalam menjaga kebugaran tubuh. Tapi manfaat olahraga untuk kebugaran belum tentu akan maksimal bila tidak diimbangi dengan pilihan makanan yang baik disertai perilaku hidup sehat lainnya.

Berikut adalah daftar beberapa makanan yang membantu menjaga kebugaran tubuh:

  • Sayuran

Sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat penting untuk membangun stamina dan menjaga kebugaran tubuh. Sayuran juga kaya akan kandungan serat. Kandungan serat ini membuat sayuran dicerna secara perlahan, sehingga bermanfaat juga untuk menjaga kadar gula darah pada tingkat yang stabil. Konsumsilah beragam jenis sayuran. Tidak ada sayuran yang mengandung nutrisi sempurna. Semakin bervariasi jenis sayuran yang dikonsumsi, semakin baik manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

  • Buah-buahan

Sama halnya dengan sayuran, buah-buahan kaya kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk fungsi tubuh. Ketimbang makan keripik, jadikanlah buah-buahan sebagai menu camilan Anda. Idealnya, konsumsi lima porsi buah dan sayur setiap hari harus menjadi bagian dari pola makan harian Anda.

  • Oatmeal

Oatmeal telah menjadi pilihan banyak orang untuk menunjang kebugaran, terutama para atlet yang sangat mengandalkan stamina untuk performa terbaiknya. Oatmeal merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks yang akan dicerna tubuh secara perlahan sehingga gula darah akan tetap pada tingkat yang stabil. Semangkuk oatmeal di pagi hari akan membuat Anda lebih bersemangat dan berenergi untuk memulai dan menjalani hari.

  • Makanan sumber protein

Protein berfungsi memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga energi akan dilepaskan secara berkelanjutan. Daging, ikan, ayam, dan telur adalah makanan tinggi protein yang juga sangat penting untuk pertumbuhan tubuh, pembentukan massa otot serta perbaikan sel dalam tubuh.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan umumnya tinggi zat besi sehingga sangat baik untuk mendukung dan menjaga kebugaran tubuh. Zat besi digunakan untuk membuat sel-sel darah merah yang betugas membawa oksigen ke otot-otot tubuh. Kacang-kacangan juga kaya akan kandungan protein.

  • Air putih

Asupan cairan yang memadai juga penting untuk mempertahankan tingkat energi tubuh. Air diperlukan untuk proses pencernaan, penyerapan, dan pengangkutan nutrisi dalam tubuh sehingga dapat menghasilkan energi yang akan menunjang stamina dan kebugaran. Bila tubuh kekurangan cairan terutama air putih, tubuh menjadi lemas dan lesu akibat dehidrasi. Untuk mencukupi kebutuhan cairan, minumlah delapan hingga 12 gelas air setiap hari. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, organ tubuh dapat menjalankan fungsinya secara optimal sehingga kesehatan tubuh akan terjaga secara menyeluruh. Tubuh yang bugar adalah tubuh yang terjaga kesehatannya.

  • Hindari junkfood

Makanan olahan pabrik dan makanan cepat saji memang enak dan praktis. Tapi, jika konsumsi makanan tersebut sudah menjadi kebiasaan, kesehatan tubuhlah yang akan dirugikan. Makanan instan atau makanan kemasan olahan pabrik seperti makanan kaleng umumnya menggunakan bahan pengawet atau zat kimia lainnya yang berisiko bagi kesehatan. Bagaimanapun, makanan alami lebih baik ketimbang makanan olahan.

Sumber gambar : www.efektips.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY