Makanan yang Baik untuk Kesehatan Darah

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tubuh yang sehat adalah tubuh yang tercukupi asupan nutrisinya. Nutrisi diperlukan untuk menunjang semua fungsi organ tubuh. Nutrisi diperoleh dari sari makanan yang diangkut oleh darah, maka dari itu darah merupakan bagian penting yang bertugas untuk menyebarkan nutrisi ke seluruh tubuh. Selain membawa nutrisi makanan, darah juga mengangkut oksigen untuk disalurkan ke seluruh organ tubuh. Sirkulasi darah harus berjalan dengan lancar agar sistem metabolisme dan fungsi organ tubuh bekerja secara normal.

Melihat begitu pentingnya fungsi darah, sebaiknya jaga kesehatan darah agar dapat bertugas dengan baik dan akan membawa dampak positif bagi tubuh. Menjaga kesehatan yang paling menyenangkan adalah dengan makan, termasuk untuk menjaga kesehatan darah juga dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi beberapa makanan. Makanan yang dapat menjaga kesehatan darah antara lain:

  • Jahe. Tanaman herbal ini mengandung gingerol yang bersifat antikoagulan. Jahe sangat bermanfaat untuk mencegah sumbatan pada pembuluh darah dengan menstimulasi hormon adrenalin dan melebarkan pembuluh darah, sehingga mempercepat aliran darah dan meringankan kerja jantung.
  • Brokoli. Serat dalam arteri dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, vitamin K dalam brokoli juga membantu pembentukan tulang dan menjaga kalsium agar tidak merusak arteri.
  • Jeruk. Buah ini kaya akan vitamin C, protein, kalori dan serat. Vitamin C bermanfaat untuk mencegah penggumpalan darah. Manfaat vitamin C lainnya adalah membantu pembentukan kolagen dalam jaringan ikat, serta menyembuhkan luka lebih cepat.
  • Bawang Putih. Bawang putih bermanfaat untuk merenggangkan pembuluh darah dan membersihkan darah. Sebuah peneliatian di Molecular Nutrition And Food Research menunjukkan bahwa diet yang kaya bawang putih efektif dalam mencegah aterosklerosis (penimbunan plak pada dinding arteri) yang menjadi pemicu serangan jantung dan stroke. Bawang putih juga efektif dalam meningkatkan produksi hidrogen sulfida pada pembuluh darah, sehingga membantu melancarkan sirkulasi darah. Konsumsi bawang putih mentah berguna untuk mengurangi penggumpulan kolesterol jahat, serta membuka pembuluh darah yang tersumbat.
  • Kacang-kacangan. Dalam menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar, jantung juga harus dijaga. Kacang-kacangan adalah salah satu camilan sehat untuk jantung karena mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, dan serat yang membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, dan menurunkan resiko penyakit jantung. Salah satu kacang-kacangan seperti kenari juga memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk peredaran darah.
  • Buah-buahan berwarna merah. Kenapa harus berwarna merah? Buah-buahan yang berwarna merah mengandung likopen, yaitu fitokimia yang memiliki antioksidan kuat. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Likopen efektif dalam mencegah kanker yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV), serta mempercepat penyembuhannya. Likopen juga bermanfaat untuk mencegah pengerasan pembuluh arteri (aterosklerosis) dan penyakit kardiovaskular, mengurangi inflamasi, serta menjaga kesehatan mata dan kulit. Anda dapat mendapatkan likopen dengan konsumsi buah-buahan berwarna merah seperti semangka, pepaya, tomat, jambu biji, apel merah, dan anggur pink.
  • Cokelat Hitam. Makanan ini kaya akan flavanoid dan theobromine yang dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh organ tubuh, serta memblokir kortisol pemicu stres. Konsumsi cokelat hitam lebih baik daripada aspirin, untuk mengatasi penggumpalan darah.
  • Ikan. Beberapa jenis ikan kaya akan asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Sumber omega-3 yang berasal dari hewani seperti ikan tuna, salmon, haring, makarel, ikan sarden, dan tengiri. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 sebaiknya tidak berlebihan karena dapat menyebabkan gangguan perut serta memicu kenaikan kadar glukosa darah. Rekomendasi dari Institute of Medicine untuk asupan omega 3 harian adalah sebanyak 1,6 gram untuk pria dan 1,1 gram untuk wanita.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY