Makanan yang Baik untuk Kesehatan Mata

SehatFresh.com – Mata merupakan panca indera yang tak ternilai harganya. Dengan mata sehat, kita dapat melihat dunia yang indah. Mata sehat adalah mata yang dapat melihat benda yang dekat maupun jauh dengan jelas. Sayangnya, seringkali kita melakukan kebiasaan yang merusak mata seperti menonton TV pada jarak dekat, terlalu lama asyik menatap layar gadget, dan membaca buku sambil tiduran. Mengingat begitu pentignya fungsi mata, maka sudah seharusnya upaya menjaga kesehatan mata perlu menjadi perhatian setiap harinya.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata, termasuk dari segi asupan makanan. Seperti diketahui, makanan akan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, begitu pula dengan kesehatan mata. Sejumlah makanan dengan nutrisi tertentu memberikan manfaat baik untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan mata. Berikut ini makanan yang dianjurkan untuk menjaga mata agar tetap sehat :

  1. Wortel

Wortel merupakan sumber vitamin mata yang paling banyak dikenal orang. Sayuran ini sarat akan kandungan beta karoten. Beta karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin ini sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Vitamin A memiliki sifat antioksidan. Mengonsumsi wortel juga membantu melawan efek radikal bebas yang bisa merusak kesehatan mata.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang sarat manfaat. Selain mengandung lutein dan zeaxanthin, brokoli juga tinggi vitamin C. Ketiganya bersinergi dalam menjaga kesehatan mata secara optimal sekaligus mengurangi risiko degenerasi makula dan kebutaan.

  1. Sayuran berdaun hijau

Bayam dan kale kaya akan kandungan senyawa yang disebut lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa tersebut merupakan pigmen tumbuhan yang dapat membantu mencegah perkembangan degenerasi makula dan katarak.

  1. Kedelai

Kedelai adalah sumber zinc yang baik. Zinc tidak hanya memainkan peran penting dalam penyembuhan luka dan fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat, tapi juga berperan penting dalam menjaga fungsi penglihatan. Bahkan, University of Maryland Medical Center melaporkan bahwa kurangnya kemampuan melihat di malam hari merupakan salah satu gejala kekurangan zinc dalam diet.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung lutein, vitamin C dan E, yang semuanya mendukung kesehatan mata. Adult macular degeneration (AMD) adalah gangguan yang memengaruhi bagian tengah retina atau makula, sehingga bisa mengakibatkan hilangnya penglihatan sentral yang normal. Kandungan lutein dalam alpukat juga cukup tinggi. Lutein ini dapat mencegah degenerasi makular dan katarak. Alpukat juga berperan sebagai penyerap alfa dan beta-karoten yang berperan dalam pembentukan vitamin A.

  1. Telur

Kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin yang telah diteliti memberikan manfaat baik untuk kesehatan mata. Kedua senyawa ini melindungi retina dari efek radikal bebas sehingga menjaganya untuk tetap dapat memfokuskan cahaya dengan benar.

  1. Buah sitrus

Retina sangat membutuhkan vitamin C,  agar sel-sel saraf mata dapat berfungsi dengan baik. Buah sitrus kaya memiliki kandungan vitamin C yang melimpah. Vitamin C juga dapat menguatkan jaringan ikat pada area mata serta melancarkan sirkulasi darah. Vitamin C juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga menekan risiko terjadinya infeksi pada mata.

  1. Salmon

Menurut beberapa studi, diet kaya asam lemak omega-3 yang diperoleh dari ikan seperti salmon, tuna, sarden, dan halibut dapat mengurangi risiko penyakit mata di kemudian hari. Sebuah studi tahun 2010 dari Johns Hopkins menemukan bahwa orang yang diet tinggi asam lemak omega-3 menjadi jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan adult macular degeneration (AMD).

  1. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan sumber vitamin C serta beta karoten yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan, kandungan beta-karoten dalam ubi jalar ini jumlahnya setara atau sedikit lebih tinggi dari pada wortel.

Sumber gambar : eyecaresoftgel.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY