Makanan Yang Bantu Atasi Insomnia

SehatFresh.com – Meskipun setiap orang terkadang sulit tidur atau tidak bisa tidur nyenyak, masalah tidur dalam frekuensi sering dapat menunjukkan bahwa Anda menderita insomnia. Beberapa orang dengan insomnia mungkin sulit tidur, sementara yang lain bisa tertidur dengan mudah tapi terbangun di tengah malam, namun tidak dapat kembali tidur. Lama kelamaan, kekurangan tidur tidak hanya mengakibatkan kelelahan, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit kronis, depresi dan obesitas. Makan makanan tertentu dapat membantu meningkatkan produksi zat yang mempercepat tubuh untuk tertidur. Daripada menggunakan obat, mengonsumsi makanan alami juga dapat meningkatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

  • Makanan yang mengandung melatonin

Melatonin merupakan hormon yang membantu mengatur siklus tubuh yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Ritme sirkadian tubuh berjalan 24 jam dan memainkan peran penting dalam menentukan waktu ketika Anda tertidur dan ketika Anda bangun. Kacang kenari dan baik buah ceri merupakan sumber melatonin yang baik. Jagung, tomat dan kentang juga mengandung melatonin tetapi dalam jumlah yang lebih kecil.

  • Makanan yang mengandung triptofan

Triptofan merupakan asam amino yang berfungsi sebagai prekursor melatonin dan seratonin, yang merupakan neurotransmitter yang membantu tidur. Berkat triptofan, tubuh memproduksi prekursor lain untuk melatonin dan seratonin yang dikenal sebagai hydroxytryptophan atau 5-HTP. Preskusor ini terkait dengan pola tidur yang positif. Sumber makanan yang mengandung triptofan termasuk kalkun, ayam, ikan, kacang-kacangan, susu, biji labu, biji wijen, tahu dan kedelai.

  • Makanan sumber magnesium

Magnesium mendorong relaksasi otot, sehingga membantu Anda tidur lebih cepat. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup magnesium, kecemasan dan gangguan tidur dapat terjadi. Hal ini juga dapat menyebabkan sensasi tidak nyaman di kaki yang dikenal sebagai sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome), yang juga dapat membuat sulit tidur. Makanan kaya magnesium termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau, kacang almond, kacang mete, biji labu, kacang pinus dan kenari hitam. Oatmeal, pisang dan rumput laut juga merupakan sumber magnesium yang baik.

Selain dari faktor nutrisi, peningkatan kualitas tidur juga perlu dibarengi niat untuk menjaga rutinitas tidur pada jadwal yang teratur, menghindari stimulan seperti kafein mendekati jam tidur dan membuat suasana kamar tidur senyaman mungkin serta bebas dari gangguan. Jadwal tidur yang tidak teratur dan kondisi lingkungan yang bising berkontribusi terhadap kualitas tidur yang buruk. Ketika pola tidur kian memburuk, kesehatan Anda juga ikut memburuk.

Sumber gambar : blog.tokopedia.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY