Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Ambeien

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com –  Penyakit Ambeien adalah pembengkakan dari bagian usus yang berisi banyak pembuluh darah. Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat mengganggu dan menghawatirkan. Salah satu dari penyebab penyakit ambeien adalah ketika penderita mengalami susah buang air besar lalu mengejannya dengan keras. Untuk itu diperlukan pencernaan yang lancar agar tidak terjadi kondisi mengejan ini secara terus menerus. Tahukah anda makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bagi penderita ambeien? Berikut makanan yang boleh dikonsumsi penderita ambeien:

  1. Konsumsi makanan yang berserat. Memakan makanan yang berserat adalah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh penderita ambeien.
  2. Mengkonsumsi buah-buahan yang tentu saja banyak memiliki kadar serat.
  3. Lebih dianjurkan mengkonsumsi sayur – sayuran.
  4. Mengkonsumsi makanan-makanan seperti kacang-kacangan adalah juga sangat perlu dilakukan oleh penderita ambeien.
  5. Madu merupakan juga asupan yang baik untuk mencegah atau mengurangi ambeien tersebut. Untuk itu dianjurkan untuk mengkonsumsi madu secara teratur.

Makanan yang tidak dianjurkan bagi penderita ambeien yaitu sebagai berikut:

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas apapun itu, baik sambal, kari dan lainnya merupakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita ambeien. Rasa pedas tidak hanya didapatkan dari cabai saja, tapi, juga dari merica dan bumbu lainnya. Makanan pedas akan memberikan kontribusi berupa rasa panas di perut dan juga di anus. Konsumsi makanan pedas hanya akan memperburuk gejala ambeien anda.

  1. Makanan Berminyak

Makanan berminyak dan melalui proses penggorengan yang lama membuat makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Makanan yang lama digoreng akan memperburuk ambien yaitu melambatkan sistem pencernaan terutama makanan berat yang sulit dicerna, dan dengan minyak tertentu untuk menggoreng makanan misalnya minyak nabati, minyak jagung, dan kedelai bisa menyebakan kerusakan dinding usus. Kerusakan dinding usus akan membuat ambeien terasa lebih menyakitkan.

  1. Makanan Berserat Tinggi

Banyak orang menyarankan untuk melancarkan pencernaan harus mengkonsumsi makanan kaya serat yang cukup. Namun apa jika yang dikonsumsi adalah serat yang berlebihan akan terjadi hal sebagai berikut:

  • Serat yang berlebihan akan menumpuk pada usus, sehingga serat massal telah dibentuk di usus.
  • Penumpukan serat itu, akan membuat feses dengan ukuran besar yang akan dikeluarkan oleh anus.
  • Anus harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkannya. Untuk mengejan saja sakit, bagaimana jika mengejan dengan kekuatan yang lebih. Rasanya akan sangat menyakitkan.
  1. Makanan Tidak Berserat

Makanan yang keras dan tidak berserat sangat tidak baik untuk penderita ambeien, alasannya adalah makanan yang tidak berserat akan membuat feses menjadi keras. Anus yang sudah luka akan kesulitan mengeluarkan feses tersebut. Penderita akan merasakan kesakitan ketika mengeluarkan feses yang keras.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan makanan yang kurang akan serat dan nutrisi. Nutrisi dan serat tersebut, bermanfaat dalam pencernaan dan juga BAB. Satu biji yang dimakan bisa berhenti di perut atau usus dalam sementara waktu. Biji yang terhenti akan menyebabkan sakit perut dan sembelit. Biji-bijian juga membuat pembengkakan wasir semakin parah.

  1. Buah Mentah

Buah mentah tidak boleh dikonsumsi karena buah mentah sulit dicerna, sehingga akan menyebabkan pencernaan terganggu. (KKM)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here