Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Flu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyebab sakit flu yaitu virus influenza dan menimbulkan berbagai gejala seperti pilek, demam dan sakit kepala. Flu bukanlah penyakit berbahaya, tapi ketika menyerang bisa membuat stamina tubuh menurun dan sulit beraktivitas karena lemas. Apabila anda sedang mengalami flu berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat membantu meredakan flu:

  1. Sup ayam

Sup ayam memiliki kaya kandungan gizi dan cairan, sup ayam di anggap sebagai pengobatan alami untuk meredakan flu dan memiliki efek anti inflamasi ringan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa sup ayam hangat berfungsi untuk meningkatkan kemampuan silia. Silia yaitu rambut kecil bagian dari hidung, silia berfungsi untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus. Sehinggaa apabila anda sedang flu mengkonsumsi jenis makanan ini dapat mencairkan lendir yang mampet pada hidung, dada dan tenggorokan.

  1. Bawang putih

bawang putih memiliki kandungan alami terbaik dari quercetin yang berfungsi untuk menekan rhinovirus sumber penyebab flu dan masuk angin. Selain itu bawang putih memiliki kandungan antikosidan dan minyak allicin yang di anggap mampu mengobati pilek dan flu. Bawang putih sangat baik untuk di konsumsi karena bersifat sebagai antivirus, antijamur dan anti bakteri. Selain terkenal akan manfaatnya bawang putih juga termasuk salah satu jenis makanan yang paling sedikit mengandung peptisida. Hal tersebut di dukung oleh masyarakat Eropa yang menggunakan bawang putih sebagai obat alami untuk mengobati batuk, pilek dan sinusitis.

  1. Selada air

Selada air merupakan jenis sayuran yang sejak dulu digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati gejala masuk angi seperti batuk dan pilek. Selada air memiliki kandungan vitamin C dan jenis makanan rendah kalori sehingga baik untuk menjaga sistem imun.

  1. Jahe

Jahe merupakan suatu obat universal yang terkenal pedas dan panas bila di konsumsi. Jahe dapat membantu memecahkan lendir untuk membersihkan saluran pernapasan dan mengurangi sembelit. Selain itu menurut beberapa studi mengatakan bahwa jahe berfungsi untuk mengobati peradangan.

  1. Strawbery, jeruk dan tomat

Buah stawbery, jeruk dan tomat terkenal dengan kandungan nutrisinya yang banyak mengandung vitamin C. Meskipun belum ada persetujuan dari para ahli mengenai vitamin C dapat menyembuhkan gejala filek dan flu, akan tetapi beberapa studi telah menyatakan bahwa vitamin C berfungsi untuk mencegah pilek dan flu. Selain itu vitamin C dapat meningkatkan sistem imun.

  1. Paprikan dan sayuran berwarna hijau gelap

Paprikan dan sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, brokoli, dan lain sebagainya banyak mengandung vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan dapat mencegah terjadinya flu dan pilek.

  1. Salmon

Ikan salmon memiliki kadar protein tinggi dan asam lemak berupa omega-3. Protein dibutuhkan untuk mensintesis struktur kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan bakteri dan virus.

  1. Daging tanpa lemak

Apabila anda sedang mengalami flu karena hidung terasa mampet dan atau berair, anda bisa mengkonsumsi makanan berupa daging tanpa lemak seperti daging unggas, daging merah tanpa lemak, ikan atau kerang. Jenis makanan tersebut mengandung zat besi yang baik untuk sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu melawan kuman.

Selain jenis makanan diatas, beberapa jenis makanan seperti yogurt, teh hijau, es loli, madu, pisang, kacang-kacangan dan telur dapat dijadikan obat tradisional untuk mengobati gejala flu dan pilek. Apabila anda mengalami flu dalam waktu kurang dari 3 hari berarti itu bukanlah suatu penyakit tetapi suhu tubuh didalam sedang beradaptasi dengan suhu diluar. Untuk itu apabila anda mengalami flu kurang dari 3 hari lebih baik anda mencoba mengkonsumsi jenis makanan dan minuman tradisional diatas dibandingkan dengan anda langsung mengkonsumsi obat-obatan, terkecuali apabila anda mengalami flu lebh dari 3 hari sebaiknya anda pergi ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pengobatan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here