Makanan yang Dapat Mempercepat Kenaikan Berat Badan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mengalami kenaikan berat badan merupakan suatu harapan dan kebahagiaan bagi mereka yang memiliki berat badan kurang atau kurus. Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk menaikan berat badan yaitu dengan menambah asupan kalori sekitar 300-500 kalori perhari. Sedangkan apabila anda ingin mengalami kenaikan berat badan dengan cepat lakukan penambahan kalori per hari sekitar 700-1.000 kalori. Berikut ini beberapa jenis nutrisi yang  dapat mempercepat proses kenaikan berat badan, diantaranya yaitu :

  1. Protein

Makanan yang mengandung protein akan membentuk massa otot karena nutrisi tersebut berfungsi untuk memperbaiki dan membangun massa otot. Massa otot yang besar akan mengakibatkan kenaikan berat badan, hal ini dikarenakan massa otot lebih besar dibandingkan dengan lemak. Kenaikan berat badan yang anda alami akan membuat anda tetap ramping dan bugar.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu jenis nutrisi yang masuk ke dalam daftar nutrisi yang dapat mempercepat kenaikan berat badan. Mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks disebut dengan pati.

  1. Lemak

Apabila anda ingin menaikan berat badan dengan cepat maka anda di anjurkan untuk mengkonsumsi jenis nutrisi berupa lemak. Hal ini dikarenakan lebih banyak mengandung kalori dibandingkan dengan jenis nutrisi lainnya. Agar anda mengalami kenaikan berat badan yang sehat sebaiknya anda mengkonsumsi jenis lemak tak jenuh agar terhindar dari beberapa gangguan kesehatan.

  1. Gula alami

Mengkonsumsi jenis nutrisi gula alami seperti fruktosa dan laktosa dapat membantu kenaikan berat badan dengan cepat. Biasanya fruktosa ditemukan dalam jenis buah-buahan. Sedangkan laktosa ditemukan dalam produk susu.

Jenis nutrisi yang telah uraikan di atas terdapat di dalam beberapa jenis makanan yang sering kita jumpai, berikut ini beberapa jenis makanan yeng memiliki kandungan nutrisi karbohidrat, lemak, protein, gula alami yang berfungsi untuk mempercepat kenaikan berat badan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Beras

Beras merupakan bahan pokok atau merupakan makanan pokok bagi masyarakan Indonesia yang di olah menjadi nasi. Beras memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga jenis makanan ini dapat mempercepat kenaikan berat badan. Selain berat makanan lain yang mengandung karbohidrat yaitu kentang dan gandum. Roti gandum memiliki kandungan sekitar 69 kalori baik dan sehat untuk tubuh. Selain itu kentang juga memiliki kandungan vitamin C yang melimpah sehingga membuat perut terasa kenyang lebih cepat.

  1. Susu murni

Apabila anda mengkonsumsi susu sapi tanpa lemak maka badan anda akan mengalami kenaikan berat badan dengan cepat namun anda tetap ramping dan sehat.

  1. Kacag-kacangan

Jenis makanan berupa kacang-kacangan masuk ke dalam daftar makanan yang dapat mempercepat kenaikan berat badan. Contohnya satu sendok selai kacang mengandung 100 kalori dan 4 gram protein.

  1. Buah-buahan tropis

Buah-buahan tropis seperti alpukat, pisang, mangga, pepaya dan yang lainnya merupakan jenis buah-buahan yang dapat mempercepat kenaikan berat badan. Jenis makanan ini merupakan menu sehat yang dapat dijadikan alternatif kenaikan berat badan dengan sehat namun tetap ramping.

  1. Mentega dan keju

Mentega dan keju merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh. Sehingga kedua jenis makanan ini dapat dijadikan salah satu upaya untuk menaikan berat badan dengan cepat.

  1. Daging merah

Daging merah memiliki kandungan zat besi dan protein yang dikenal sebagai jenis makanan yang berfungsi untuk mempercepat kenaikan berat badan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here