Makanan Yang Dapat Mencerdaskan Otak

SehatFresh.com – Otak manusia ialah struktur pusat pengaturan yang mempunyai volume sekitar 1.350cc serta terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron. Fungsi otak yaitu mengatur serta mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku, juga fungsi tubuh homeostasis contohnya detak jantung, keseimbangan cairan tubuh, tekanan darah, serta suhu tubuh.

Makanan bernutrisi sangat dibutuhkan untuk asupan otak kita. Berikut berbagai macam makanan yang baik untuk asupan otak:

  • Bayam. Anda butuh konsumsi zat besi bila ingin lebih cerdas serta kreatif. Konsumsi bayam dapat melancarkan aliran darah ke semua badan hingga Anda lebih aktif. Bayam juga kaya flavonoid yang mencegah penyumbatan di area otak.
  • Produk susu. Produk olahan susu kaya akan kalsium. Beberapa sumber yang kaya akan kalsium adalah susu, keju, mentega, dan yogurt. Produk-produk ini dikenal ampuh dalam memelihara sel-sel otak. Secara khusus, yogurt mengandung asam amino tirosina yang bertanggung jawab untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.
  • Madu dikenal karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan segala penyakit. Ternyata, madu juga dapat meningkatkan memori Satu sendok makan madu setiap pagi tidak hanya membantu Anda mengurangi berat badan, tetapi juga membantu dalam meningkatkan daya ingat.
  • Teh hijau. Polifenol dalam teh hijau merupakan antioksidan kuat yang dapat mencegah kerusakan sel-sel otak. Teh hijau juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan memperlambat penuaan otak.
  • Brokoli yaitu satu di antara tipe sayuran yang benar-benar banyak khasiatnya. Memiliki kandungan anti oksidan, kalsium, dan banyak vitamin di dalamnya. Brokoli menolong melindungi kesehatan, menghindarkan dari penuaan, serta membuat Anda senantiasa bugar dan ber Brokoli juga memiliki kandungan Vitamin K yang dapat meredakan rasa sakit serta luka di badan.
  • Ai Seperti kita ketahui, hampir tiga perempat dari otak kita adalah air. Perbanyak asupan air untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi bisa menyebabkan otak kita melepaskan hormon yang disebut kortisol yang membuat daerah di otak menyusut. Daerah tersebut bertugas untuk menyimpan informasi.
  • Ubi Manis. Konsumsilah ubi manis, sebab kandungan anti oksidan serta vitamin B6nya dapat mencegah penuaan dini. Anda dapat lebih jernih menggali inspirasi serta lebih bertenaga. Konsumsilah karbohidrat dalam porsi yang cukup.
  • Kembang Kol. Sup atau cap cay dengan kembang kol yaitu inspirasi yang nikmat untuk membuat otak Anda semakin cerdas. Kembang kol kaya vitamin C dan K. Lebih baik lagi apabila kembang kol dikonsumsi dalam keadaan mentah, contohnya dibuat vegetable juice.
  • Ikan mengandung asam lemak omega-3, terutama EPA, dan DHA. Para peneliti berpendapat bahwa DHA diperlukan dalam tahap ini untuk membentuk neuoron pada otak.DHA juga diyakini mampu menjaga kesehatan dan kekuatan otak pada orang dewasa. Penelitian dari Tufts University mengungkap bahwa mereka yang mengonsumsi ikan tiga kali seminggu dan memiliki DHA dalam kadar lebih tinggi di darahnya mengalami penurunan risiko terkena alzheimer hingga 39%.

Sumber gambar : blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY