Makanan yang Disarankan untuk Anak Mengalami Diabetes

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit diabetes makin banyak ditemukan pada masa sekarang ini. Bila diabetes dulu hanya dikenal sebagai penyakit keturunan, saat ini banyak orang yang menderita diabetes yang bahkan tidak memiliki faktor keturunan tersebut. Seseorang dikatakan menderita penyakit diabetes apabila tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin dengan normal.

Insulin adalah hormon yang diperlukan untuk mengolah glukosa dalam tubuh menjadi energi. Jika jumlah hormon insulin di dalam tubuh tidak mencukupi, kadar gula darah dalam tubuh akan menjadi sangat tinggi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang disarankan untuk anak yang mengalami penyakit diabetes, yaitu :

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu makanan yang di anjurkan untuk di konsumsi penderita diabetes. Menurut hasil penelitian di Inggris menyatakan bahwa seseorang yang memakan bayam lebih dari satu porsi dalam sehari maka dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes sekitar 14%. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin K, mineral, magnesium, folat, fosfor, potasium dan seng dan jenis flavonoid lainnya. Selain itu jenis sayuran ini mengandung rendah kalori dan rendah karbohidrat.

  1. Tomat

Menurut studi yang dilakukan di Australia menyatakan bahwa mengkonsumsi jus tomat setiap hari dapat meminimalisir terjadinya komplikasi dari penyakit diabetes dan mengurangi penggumpalan darah. Tomat memiliki kandungan likopen dan lutein yang berfungsi untuk melindungi ginjal dan pembuluh darah. Selain itu tomat tidak mengandung tepung sehingga hal ini tentunya dapat menjaga kadar gula agar tetap stabil.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan jenis makanan yang memiliki banyak kandungan serat yang berfungsi untuk membantu mengurangi rasa lapar. Selain itu jenis makanan ini dapat mencegah penyerapan karbohidrat sehingga kadar gula dalam tubuh tetap terjaga dalam keadaan stabil. Oatmeal juga mengurangi resiko penyakit jantung dan kolesterol yang dapat membahayakan penderita diabetes.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar dapat dijadikan untuk pengganti kentang karena memiliki indeks glukosa yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang. Menurut hasil analisis menyatakan bahwa ubi jalar dapat menurunkan HbA1c sekitar 0,3% hingga 0,57% dan dapat memproses glukosa darah lebih cepat sekitar 10-15 poin. Selain itu ubi jalar mengandung anthocyanin dan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker yang sangat beresiko bagi penderita diabetes.

  1. Beras merah

Beras merah berfungsi untuk mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Beras ini memiliki kandungan serat yang tinggi dengan perbandingan 1:8. Maka dari itu beras ini sudah dikenal sebagai makanan untuk penderita diabetes.

  1. Buah-buahan citrus

Jenis buah citrus seperti jeruk, grape dan lemon memiliki kandungan serat dan vitamin C yang tinggi. Buah tersebut memiliki kandungan fruktosa alami dan mengandung fitbar yang berfungsi agar gula darah anda terkontrol. Selain itu buah ini mengandung antioksidan antingerin yang berfungsi untuk mencegah terjadinya obesitas, mempertahankan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  1. Ikan

Hasil penelitian menyatakan bahwa ikan memiliki kandungan omega-3 dan protein yang membuat inflamasi atau peradangan darah menjadi rendah. Selain itu kombinasi dari kedua kandungan tersebut berfungsi untuk memperlambat proses penyerapan karbohidrat sehingga dapat membantu menstabilankan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Blueberry

Buah blueberry mengandung antioksidan. Menurut hasil penelitian buah ini mengandung anthocyanin yang dapat menurunkan penyakit diabeter tipe 2 sekitar 20%. Selain itu buah ini apabila dijadikan yogurt bebas lemak memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah karbohidran yang kedua kombinas tersebut berfungsi untuk menurunkan penyerapan glukosa.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang dianjurkan untuk seseorang yang mengalami diabetes karena mengandung serat yang tinggi dan bermanfaat untuk mengontrok penyerapan glukosa. (KMY).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here