Makanan yang Harus Dihindari Bagi Penderita Sindrom Nefrotik

SehatFresh.com – Sindrom nefrotik adalah salah satu penyakit ginjal yang sering kali kita kenal dengan istilah ginjal bocor. Istilah ginjal bocor merupakan bahasa awam agar memudahkan dokter mengambarkan kondisi pada pasien. Pada kenyataannya, sindrom nefrotik terjadi akibat kerusakan pada sistem penyaringan ginjal yang seharusnya mempertahankan protein, ginjal bocor sehingga protein darah yang disebut albumin menjadi lolos atau keluar bersama urin.

Bagi Anda yang menderita Sindrom nefrotik harus mejaga pola makan dan memperhatikan menu makanan, salah satunya dengan menghindari berbagai makanan yang dapat memperburuk ginjal bocor. Ada beberapa makanan yang harus Anda hindari bagi penderita ginjal bocor, diantaranya:

  1. Nasi

Nasi memang makanan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, karena nasi mengandung karbohidrat tinggi dan sumber tenaga. Tetapi bagi mereka yang mempunyai ginjal yang sudah sakit, lebih baik jangan memakan nasi karena tidak cocok di konsumsi oleh si penderita.

  1. Gandum

Meskipun gandum mempunyai karbohidrat dan sangat bagus untuk tubuh, tapi hanya berlaku bagi mereka yang sehat saja. Sedangkan bagi penderita penyakit ginjal, gandum merupakan asupan makanan yang menyulitkan saat di cerna.

  1. Kentang

Begitu juga dengan kentang, seperti hal nya nasi yang mempunyai karbohidrat tinggi, kandungan proteinnya juga akan menyebabkan rasa haus timbul, sedangkan penderita ginjal tidak di perbolehkan terlalu banyak mengonsumsi mineral.

  1. Umbi-umbian

Jenis umbi-umbian seperti singkong, ubi, talas, dan lainnya mempunyai kadar gula cukup tinggi dan pada saat mengonsumsinya akan menimbulkan rasa haus.

  1. Daging

Daging merupakan makanan yang mengandung protein hewani tinggi dan sangat tidak baik untuk kesehatan ginjal. Daging yang mempunyai kadar protein tinggi akan membuat ginjal bekerja lebih besar, sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita penyakit kelainan pada ginjal.

  1. Ikan Laut

Ikan laut juga mempunyai protein tinggi dan tidak seharusnya penderita kelainan pada ginjal mengonsumsinya. Sebaiknya penderita lebih selektif lagi untuk memilihi jenis ikan yang mengandung omega-3.

  1. Kuning telur

Makanan yang mengandung protein akan menyulitkan pada saat proses penyaringan racun pada ginjal, maka kuning telur yang mengandung protein tinggi diusahakan untuk di hindari oleh penderita kelainan pada ginjal.

Makanan yang menganudng kalium, fosfor, dan pottaisum akan memupuk dalam aliran darah dan menyedot kalsium dalah tubuh. Hal ini akan menambah kerja ginjal dua kali lipat dan makanan ini perlu dihindari. Makanan yang mengandung pottasium dan kalium yang tinggi yaitu keju, apel, alpukat, jeruk, pepaya, pisang, seledri, kembang kol, buncis, dan daun pepaya.

Konsumsi garam berlebih juga akan membahayakan kesehatan ginjal, namun banyak sekali orang yang kurang teliti terhadap makanan yang tidak disadari mengandung kadar garam yang tinggi. Makanan yang mengandung natrium tinggi, yaitu roti, makanan beku, kacang kalengan, sup kalengan, sereal, saus tomat, saus spagethy, dressing pada salad, dan minuman soda yang rendah kalori.

Berikutnya adalah makanan yang mengandung fosfat tinggi akan menyebakan ginjal tidak bisa menyaring dan mengeluarkan racun yang ada di dalamnya, sehingga memicu timbulnya komplikasi penyakit lain, yaitu gagal jantung. Makanan makanan yang di larang tersebut antara lain minuman beralkohol, atau minuman soda, cokelat, kacang kacangan, keju, yogurt, ice cream, daging olahan seperti dalam kaleng, sarden, dan tiram.

Dengan demikian, waspadalah memeberikan makanan bagi penderita sindrom nefrotik (ginjal bocor). Sebaiknya ikuti anjuran dokter jika bingung memelih makanan.

Sumber gambar :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY