Makanan yang Harus Dihindari untuk Penderita Diabetes saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi penderita diabetes atau kencing manis, menjaga pola hidup dan pola makan adalah sebuah keharusan. Kondisi kadar gula yang tidak terkontrol dapat berakibat buruk bagi kesehatan si penderita. Kadar gula yang tinggi berisiko memicu terjadinya komplikasi makrovaskuler seperti gangguan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Bulan ramadan bisa menjadi momen yang tepat untuk menerapkan pola hidup sehat dan waktu memperbanyak ibadah demi kesembuhan penderita diabetes. Tentunya bukan hal yang mudah menjalani ibadah puasa bagi penderita diabetes. Risiko yang diakibatkan oleh kadar gula darah tinggi bisa diminialisir dengan menghindari beberapa makanan di bawah ini ketika berpuasa:

Hindari makanan dengan zat tepung tinggi

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat tepung tinggi menyebabkan proses pencernaan lebih cepat sehingga pelepasan glukosa ke dalam aliran darah lebih banyak. Contoh: tepung terigu, beras putih, sereal tinggi gula, kentang goreng, roti berbahan dasar tepung.

Penderita bisa mendapatkan kebutuhan karbohidrat pengganti dariĀ  makanan sumber karbohidrat tinggi serat seperti: oatmeal, beras merah, beras coklat, beras hitam dan roti gandum.

Hindari makanan dan minuman tinggi gula

Penderita diabetes sangat berbahaya jika mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi, hal ini bisa membuat kadar gula darah Anda meningkat drastis setelah mengonsumsinya. Makanan dengan kadar gula tinggi, antara lain gula pasir, es krim, cokelat, donat dan makanan dengan pemanis buatan. Minuman bersoda, teh manis, kopi dengan tambahan creamer dan gula tinggi, bir dan minuman berenergi perlu Anda hindari.

Hindari konsumsi sayuran dan buah dalam kaleng

Sayuran dalam kemasan lebih banyak mengandung sodium, kadar sodium yang tinggi dapat memicu meningkatnya tekanan darah dalam tubuh. Sayur dengan tambahan mentega keju juga perlu untuk dihindari.

Konsumsi buah dalam kemasan kurang baik bagi penderita diabetes. Buah atau jus dalam kemasan biasanya memiliki kadar gula yang lebih tinggi karena tambahan pemanis di dalamnya. Lebih baik buatlah jus alami (buatan sendiri) tanpa tambahan pemanis. Tetap atur juga porsinya agar tidak berlebihan bagi penderita.

Beberapa buah dibawah ini sebaiknya Anda hindari: kurma, sawo, durian, nangka, pisang ambon, klengkeng, rambutan, duku, mangga, semangka, nanas, pepaya, dan mangga muda

Makanan berkolesterol tinggi

Makanan dengan kandungan lemak dan kolesterol tinggi menyebabkan kadar kolesterol jahat pada penderita semakin meningkat. Batasi atau hindari jenis makanan seperti kuning telur, produk susu tinggi lemak, unggas, daging merah, udang, dan keju. Jika Anda ingin mendapatkan sumber protein, daging ayam bagian dada yang rendah lemak atau ikan. Sumber protein yang wajib Anda hindari antara lain: makanan yang dimasak dengan digoreng, daging goreng, ikan goreng, tahu goreng, kacang-kacangan serta minyak babi. Hindari juga memasak daging bersamaan denga kulitnya.

Informasi diatas semoga bermanfaat bagi Anda, tidak hanya si penderita yang harus menjaga pola makan sehatnya anggota keluarga juga sebaiknya membantu mengingatkan penderita diabetes dalam menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY