Makanan yang Harus Dihindari untuk Penderita Kolesterol saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com РBulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang selalu dinanti kedatangannya bagi umat muslim yang ada diseluruh dunia. Saat bulan suci ini tiba, seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Saat berpuasa, tubuh harus memiliki kondisi yang sehat. Tepat dalam memiliih makanan adalah tips utama dalam menjaga kesehatan saat berpuasa. Maka dari itu pastikan saat berpuasa Anda memilih makanan yang tepat untuk sahur dan berbuka puasa.

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Kolesterol adalah zat berlemak yang ditemukan pada setiap sel tubuh manusia. Sebenarnya kolesterol didalam tubuh didapat tidak hanya dari makanan namun kolesterol juga dibuat sendiri oleh tubuh pada organ hati. Apabila tubuh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi, maka kadar kolesterol yang ada dalam tubuh menjadi tidak seimbang sehingga akan menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius dan fatal bila tidak ditangani.

Simak daftar makanan berkolesterol tinggi beserta uraian lengkapnya dibawah ini :

  1. Gorengan. Makanan yang diolah dengan cara digoreng bisa mengandung kolesterol. Hal ini dapat terjadi apabila dalam proses menggoreng menggunakan minyak yang telah berkali-kali dipakai atau menggunakan minyak yang sangat panas. Proses menggoreng dengan minyak tersebut akan memberikan dampak pada meningkatnya kadar kolesterol pada seseorang. Apabila minyak goreng semain sering digunakan maka asam lemak jenuhnya juga akan semakin banyak. MenurutdetikHealth, sepotong gorengan juga bisa menambah kadar low density lipoprotein (LDL) disebabkan kandungan lemak trans dan lemak jenus yang ada didalamnya. Dan LDL atau kolesterol jahat ini juga mudah menempel pada dinding pembuluh darah yang bisa meningkatkan seseorang terkena penyakit kardiovaskular dan stroke.
  2. Otak Sapi. Kandungan kolesterol dalam 10 gram otak sapi bisa sampai 2.500 mg. Oleh karena itu hal ini harus diperhatikan apalagi bagi Anda yang menggemari makanan-makanan hewani yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi misalnya otak sapi ini. Meskipun belum ada batasan yang pasti tentang konsumsi otak sapi yang dikonsumsi setiap harinya. Maka dari itu lebih baik mulai mengurangi makanan-makanan yang bersumber dari makanan hewani yang memiliki lemak jenuh yang tinggi dan mulai meningkatkan asupan makanan yang lebih sehat seperti ikan, sayuran dan jenis makanan sehat lainnya.
  3. Kuning Telur. Kuning telur diketahui memiliki kandungan kolesterol yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan lainnya. Dalam 100 gram kuning telur setidaknya memiliki kandungan kolesterol sekitar 1200 miligram. Jumlah ini sekitar 400 persen lebih jika dibandingkan dengan kolesterol yang dibutuhkan setiap harinya. Maka dari itu, jika pada pagi hari Anda mengkonsumsi kuning telur, sebaiknya setelah mengkonsumsi kuning telur tersebut menghindari makanan lain yang mengandung kolesterol tinggi lainnya.
  4. Ayam. Cara mengolah ayam menjadi masakan tertentu akan memberikan perbedaan besar pada kandungan zat pada ayam tersebut. Jika dibandingkan dengan burger dan eskrim, kandungan satu paha ayam dengan kulitnya mengandung tingkat lemak yang lebih banyak pada paha ayam dan kulitnya tersebut. Penyebabnya kulit ayam yang digoreng merupakan pemicu banyaknya kolesterol yang ada pada ayam.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY